PENGARUH PROMOSI, KEMUDAHAN AKSES, DAN DISKON TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PENGGUNA APLIKASI SHOPEE PADA MAHASISWA JURUSAN EKONOMI SYARIAH UIN RADEN FATAH PALEMBANG

Oktaliza, Putri (2023) PENGARUH PROMOSI, KEMUDAHAN AKSES, DAN DISKON TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PENGGUNA APLIKASI SHOPEE PADA MAHASISWA JURUSAN EKONOMI SYARIAH UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
SKRIPSI putri oktaliza 1710602066.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena terjadinya fenomena belanja online yang dapat menyebabkan terjadinya pembelian impulsif. Dengan terjadinya beberlanja secara online konsumen tidak lagi dibatas kan oleh waktu, ruang dan jarak. Beberapa faktor yang mendorong konsumen melakukan pembelian impulsif melalui belanja online yaitu promosi yang menarik, kemudahan dalam berbelanja,dan diskon yang sangat mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh secara parsial promosi, kemudahan akses, dan diskon terhadap keputusan pembelian impulsif, (2) pengaruh secara simultan promosi, kemudahan akses, dan diskon terhadap keputusan pembelian impulsif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi Shopee pada mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah Universitas Negeri Islam Raden Fatah Palembang. Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda, Uji t dan Uji F dengan menggunakan aplikasi SPSS 25.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) promosi dan diskon berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian impulsif pada mahasiswa. Hasil ini dapat dilihat dari nilai t-hitung pada variabel promosi lebih besar dari nilai t-tabel 3,035 > 1.986 dan tingkat signifikan lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,003 < 0, 05, pada variabel diskon nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel 3,007 > 1.986 dan tingkat signifikan lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,003 < 0,05, 2) kemudahan akses tidak berpengaru secara parsial terhadap keputusan pembelian impuslif. Hasil ini dapat dilihat dari nilai thitung lebih kecil dari nilai ttabel 0,517 < 1.986 dan tingkat signifikan lebih besar dari 0,05 yaitu 0,606 > 0, 05 dan 3) promosi, kemudahan akses, dan diskon secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian impulsif pengguna aplikasi Shopee pada mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah Universitas Negeri Islam Raden Fatah Palembang ditinjau dalam perspektif ekonomi islam. Hasil ini dapat dilihat dari uji f yang didapatkan pada penelitian ini sebesar 14.234 > 2,70 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Dalam ekonomi islam konsumsi seorang umat muslim harus sesuai dengan syariat islam dan harus memprioritaskan kebutuhan bukan karena keinginan yang tidak terbatas. Sebagaimana telah dijelaskan dalam Al-Quran surah Al-Israa ayat 27 dan Al-Furqon ayat 67 Kata kunci: Promosi, Kemudahan Akses, dan Diskon, Pembelian Impulsif

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Promosi, Kemudahan Akses, Diskon,dan Pembelian Impulsif
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: PUTRI OKTALIZA 1710602066
Date Deposited: 16 Feb 2024 01:37
Last Modified: 16 Feb 2024 01:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35046

Actions (login required)

View Item View Item