POLA KOMUNIKASI ANTARBUDAYA SANTRI DI PONDOK PESANTREN (STUDI PADA SANTRI BARU ANGKATAN 2022 PONDOK PESANTREN RAUDHATUL ULUM SAKATIGA)

Adikarya, Tedi (2023) POLA KOMUNIKASI ANTARBUDAYA SANTRI DI PONDOK PESANTREN (STUDI PADA SANTRI BARU ANGKATAN 2022 PONDOK PESANTREN RAUDHATUL ULUM SAKATIGA). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI Tedi Adikarya.docx

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI Tedi Adikarya.docx

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI Tedi Adikarya.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang Pola Komunikasi Antarbudaya Santri di Pondok Pesantren(studi pada santri baru Angkatan 2022 di Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga). Dengan merumuskan masalah terkait bagaimana pola komunikasi antarbudaya santri di pondok pesantren Dan faktor apa saja yang menjadi hambatan dan pendukung jalannya komunikasi antarbudaya di pondok pesantren. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pola komunikasi antarbudaya di pondok pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga dengan berbagai santri yang memiliki latar belakang kebudayaan yang berbeda-beda dan apa saja yang menjadi hambatan dan faktor pendukung jalannya komunikasi antarbudaya di Pondok Pesantren raudhatul Ulum Sakatiga. Penelitian ini menggunakan teori pola komunikasi dari Tubbs dan Moss, menurut Tubbs dan Moss bahwa pola komunikasi atau hubungan itu dapat diciptakan oleh simetri atau komplementaris, dalam hubungan komplementer dimana satu bentuk perilaku akan diikuti oleh lawannya. pola komunikasi terdiri dari tiga pola, yaitu 1). Pola komunikasi satu arah 2). Pola komunikasi dua arah 3). Pola komunikasi multi arah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode kualitatif dengan pendekatan deskriftif, dengan Teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pola komunikasi antarbudaya di Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga bejalan secara efektif, dari proses jalannya komunikasi antarbudaya terbentuklah pola komunikasi sebagai berikut: 1). Pola komunikasi internal yang terdiri dari pola komunikasi vertikal yaitu pola yaitu komunikasi yang berupa informasi atau perintah dari atasan kepada bawahan yang membentuk komunikasi vertikal, dan pola komunikasi horizontal yaitu komunikasi antar sesame santri, atau antara ustadz dan ustadz yang berbentuk horizontal dan bersifat nasehat atau tidak terlalu formal. 2). Pola komunikasi eksternal yang yang berbentuk pola komunikasi multi arah yaitu pola komunikasi yang terbentuk dari adanya kelompok-kelompok pengajian baik di dalam maupun diluar pondok pesantren. Faktor pendukung komunikasi antarbudaya santri di Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga antara lain pesan yang mudah dipahami, sikap saling menghormati, penggunaan Bahasa yang sama. Hambatan komunikasi antarbudaya santri di pondok pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga antara lain perbedaan Bahasa, watak individu, persepsi pelaku komunikasi, dan pengaruh budaya lain. Kata kunci :Komunikasi Antarbudaya, Pola Komunikasi, Santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Antarbudaya, Pola Komunikasi, Santri.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: TEDI ADIKARYA 1730501127
Date Deposited: 06 Feb 2024 01:23
Last Modified: 06 Feb 2024 01:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35049

Actions (login required)

View Item View Item