EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING SIMBOLIK DALAM UPAYA MENGATASI STIGMA NEGATIF MASYARAKAT TERHADAP MANTAN PECANDU NARKOBA

Riza Syahsia Hermawanti, Riza (2024) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING SIMBOLIK DALAM UPAYA MENGATASI STIGMA NEGATIF MASYARAKAT TERHADAP MANTAN PECANDU NARKOBA. Other thesis, Dakwah Dan Komunikasi.

[img] Text
Skripsi Riza Syahsia Hermawanti B5.docx

Download (18MB)
[img] Text
Skripsi Riza Syahsia Hermawanti B5.docx

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini tentang “Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Modelling Simbolik Dalam Upaya Mengatasi Stigma Negatif Masyarakat Terhadap Mantan Pecandu Narkoba”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh informasi dan globalisasi, berbagai informasi dapat diperoleh secara mudah. Salah satu peristiwa yang sedang bumi perbincangkan di kalangan masyarakat yakni permasalahan dalam pendapat stigma negatif. Penelitian ini bertujuan untuk pertama, mengetahui stigma negatif masyarakat sebelum melakukan konseling kelompok dengan teknik modelling simbolik dalam upaya mengatasi stigma negatif terhadap mantan pecandu narkoba. Kedua, untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan teknik modelling simbolik dalam upaya mengatasi stigma negatif masyarakat terhadap mantan pecandu narkoba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan berjumlah populasi 67 orang dengan sampel 12 orang menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuisioner, dokumentasi. Teknik analisis data melalui uji wilxocon dengan bantuan program from windows SPSS versi.26. Hasil penelitian menunjukkan pertama, tingkat stigma negatif masyarakat terhadap mantan pecandu narkoba sebelum dilakukannya konseling kelompok dengan teknik modelling simbolik dalam kategori tinggi. Kedua, Diperoleh hasil diketahui Asymp.sig (2-tailed) bernilai ,002. Nilai ,002<0,05, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, artinya konseling kelompok dengan teknik Modelling Simbolik efektif digunakan untuk mengurangi stigma negatif masyarakat terhadap mantan pecandu narkoba.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: RIZA SYAHSIA HERMAWANTI 1930502069
Date Deposited: 07 Feb 2024 06:15
Last Modified: 07 Feb 2024 06:15
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35090

Actions (login required)

View Item View Item