TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP AKTIFITAS MEMANCING DI KOLAM PEMANCINGAN (Studi Kasus di Jalan. Srijaya Lorong Bersama Kec Alang-alang Lebar)

Yurnamiarti, Yurnamiarti (2024) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP AKTIFITAS MEMANCING DI KOLAM PEMANCINGAN (Studi Kasus di Jalan. Srijaya Lorong Bersama Kec Alang-alang Lebar). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
A4 SKRIPSI YURNA MIARTI SELESAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
A4 SKRIPSI YURNA MIARTI SELESAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul “Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Aktivitas Memancing di Kolam Pemancingan (Studi di Jalan Srijaya Lorong Bersama Kecamatan Alang-alang Lebar)”, Latar belakang permasalahan dalam skripsi ini ialah adanya terjadinya Aktivitas memancing yang beda dari biasanya yang mana dalam aktivitas memancing di kolam pemancingan ini melakukan sistem pengumpulan uang yang mana mengumpulkan uang di awal sebelum mamancing yang mana hasil yang di dapat bukan berupah ikan melainkan uang yang di kumpulkan di awal. Penulis akan menjelaskan terkait rumusan masalah yang telah disajikan tentang Bagimanaa Praktik yang terjadi dalam aktivitas memancing di kolam pemancingan di jalan srijaya lorong bersama kecamatan alang-alang lebar dan Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi syariah terhadap aktivitas memancing di kolam pemancingan di jalan srijaya lorong bersama kecamatan Alang-alang lebar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejelas mungkin tentang Proses aktivitas yang melakukan system sewa menyewa kolam pemancingan dan melakukan pengumpulan dan ingin mengetahui secara jelas Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah dalam aktivitas di pemancingan di jalan srijaya lorong bersama kecamatan alang-alang lebar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode wawacara (Interview) terhadap pengelola kolam dan pemancing. Dukumentasi yang digunakan berupa dokumen-doumen baik dokumen yang berasal dari dokumentasi pemancingan maupun dokumen yang lainnya. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan cara berfikir induktif, yaitu suatu cara berfikir yang berangkat dari fakta-fakta yang Khusus dan kongkrit kemudian dari fakta yang khusus dan kongkrit tersebut ditarik secara generalisasi yang mempunyai sifat umum. Berdasarkan hasil penelitian di temukan bahwa Pelaksanaan akad yang ada di pemancingan tersebut terdapat akad terlarang karena adanya unsur spekulasi, risiko, bahaya risk, ketidakpastian atau uncertainty berarti judi atau (maysir). Karena dalam proses aktivitas yang terjadi yang mana dijadikan alat perjudian disini yaitu hasil ikan yang mereka pancing barang siapa yang mendapatkan ikan tercepat maka ialah pemenangnya, dan dari setiap pemancing yang kalah tidak akan mendapatkan apa-apa. dengan maksimal orang yang mengikuti memancing ini 20 orang maka uang yang di kumpulkan di awal sebesar Rp 25. 000/ orang . uang hasil kumpulanan para pemancing inila yang akan di terima oleh para pemenang. dalam aktivitas ini dalam Islam Haram Hukumnya karena dalam Hukum Islam perjanjian yang diperbolehkan adalah tanpa adanya perjanjian perjudian di dalamnya. Kata Kunci: Aktivitas memancing, Hukum Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Aktivitas memancing, Hukum Ekonomi Syariah.
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: YURNAMIARTI 1920104073
Date Deposited: 07 Feb 2024 06:15
Last Modified: 28 Feb 2024 03:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35113

Actions (login required)

View Item View Item