PERSAINGAN POLITIK DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA SERENTAK 2021 DI KABUPATEN MUARA ENIM (STUDI KASUS: DESA KARANG ENDAH SELATAN, KECAMATAN GELUMBANG)

Fitri, Desti Ramona (2024) PERSAINGAN POLITIK DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA SERENTAK 2021 DI KABUPATEN MUARA ENIM (STUDI KASUS: DESA KARANG ENDAH SELATAN, KECAMATAN GELUMBANG). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Desti Ramona Fitri 1910702011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Persaingan Politik Dalam Pemilihan Kepala Desa di Desa Karang Endah Selatan Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim Tahun 2021. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dan cara serta implikasi persaingan politik dalam pemilihan kepala desa di Desa Karang Endah Selatan Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim. Objek dalam penelitian ini yaitu para kandidat calon kepala desa Karang Endah Selatan, tim sukses dan warga Desa Karang Endah Selatan. Tipe penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data penelitian ini diambil dari pihak-pihak yang terlibat langsung dalam pemilihan kepala desa dan dianalisa melalui dokumentasi serta wawancara. Teori yang digunakan adalah teori persaingan politik dan teori money politics. Teori persaingan politik menurut Firmanzah persaingan politik merupakan dapat memenangkan kompetisi pemilu sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku, di mana partai politik perlu memonitor dan mengevaluasi setiap strategi dan aktivitas yang dilakukan partai lain layaknya prinsip 'zero sum' setiap vi kemenangan dari satu pemain merupakan kekalahan dari pihak lain. Teori money politics menurut Aspinall & Sukmajati mendefinisikan politik uang sebagai distribusi uang atau barang yang dilakukan secara sistematis kepada pemilih beberapa hari menjelang pemilu dengan harapan tersirat bahwa penerima akan membayarnya menggunakan suara mereka. Kata Kunci : Persaingan Politik, Money Politics, Pemilihan Kepala Desa

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 07 Feb 2024 06:16
Last Modified: 07 Feb 2024 06:16
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35123

Actions (login required)

View Item View Item