POLA KOMUNIKASI PADA KOMUNITAS ELF PALEMBANG DALAM MENINGKATKAN SOLIDARITAS KEANGGOTAAN (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Kelompok Komunitas Pecinta Super Junior Atau ELF Di Palembang)

LINDIANI, ANNISA INDAH (2024) POLA KOMUNIKASI PADA KOMUNITAS ELF PALEMBANG DALAM MENINGKATKAN SOLIDARITAS KEANGGOTAAN (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Kelompok Komunitas Pecinta Super Junior Atau ELF Di Palembang). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Annisa Indah Lindiani 1730701091.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan budaya K-pop (Korean pop) di dunia menghantarkan negara Korea Selatan menjadi salah satu budaya baru yang cukup mendominasi belakangan ini. Para penggemar K-Pop di Indonesia pun khususnya di Palembang membentuk berbagai komunitas penggemar K-Pop. Mereka membentuk komunitas penggemar K-Pop berdasarkan idol yang mereka sukai. ELF Palembang adalah salah satu komunitas yang berada di Palembang. Yang memiliki berbagai kegiatan seperti gatherting, bakti sosial dan charity. Fokus penelitian ini pada Pola Komunikasi ELF Palembang dalam meningkatkan Solidaritas Keanggotaan, teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah Teori Pencapaian Kelompok (Group Achievement Theory). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana pola komunikasi kelompok yang di gunakan ELF Palembang dalam berkomunikasi. Metode dalam penelitan ini yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Dengan menggunakan teknik informan purposive dan memiliki lima informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pola Komunikasi yang dilakukan ELF Palembang menggunakan Pola Komunikasi Linear, Pola Komunikasi Sirkular dan Pola Komunikasi Sekunder. Yang dimana komunikasi yang dilakukan oleh setiap anggota komuunitas tetap terjalin antar anggota baik saling menyapa menanyakan kabar atau berbagi informasi tentang Super Junior walaupun setiap anggota memiliki kesibukan masing-masing. Kata Kunci : Pola Komunikasi, ELF Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 15 Feb 2024 01:21
Last Modified: 15 Feb 2024 01:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35245

Actions (login required)

View Item View Item