PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN PERUBAHAN PERILAKU PADA REMAJA ( Studi Deskriptif di Kalangan Remaja Rawa-Rawa Tembok Baru Kecamatan 12 Ulu Kota Palembang )

Kurnia, Tri (2024) PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN PERUBAHAN PERILAKU PADA REMAJA ( Studi Deskriptif di Kalangan Remaja Rawa-Rawa Tembok Baru Kecamatan 12 Ulu Kota Palembang ). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
TRI KURNIA 1720701080.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pemakaian gadget di kalangan remaja sudah menjadi konsumsi seharihari, begitu juga dengan remaja Gang Rawa-rawa Tembok Baru Kota Palembang yang menggunakan gadget dalam kehidupan sehari-hari. Gadget oleh remaja Gang Rawa-rawa digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti hiburan, komunikasi dan pendidikan. Penggunaan gadget dengan berbagai macam fungsinya dapat memberikan dampak positif dan negatif terhadap perilaku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan perilaku yang terjadi pada remaja akibat perkembangan teknologi media komunikasi berupa smartphone. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Sebujek penelitian yaitu remaja, orang tua, dan tokoh masyarakat yang berdomisili di Gang Rawa-rawa Tembok Baru. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Remaja mengalami perubahan perilaku komunikasi, (2) remaja bersikap acuh terhadap lingkungan sekitar, (3) Seringnya remaja berkata tidak sopan. Penelitian ini sejalan dengan Teori Determinisme Teknologi yang mana teknologi mempengaruhi manusia mulai dari cara berpikir, sosial, dan banyak hal lainnya guna membentuk individu di masyarakat agar memikirkan, merasakan dan melakukan suatu tindakan tertentu. Kata Kunci : Perubahan Perilaku, Remaja, Gadget

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 15 Feb 2024 01:21
Last Modified: 15 Feb 2024 01:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35246

Actions (login required)

View Item View Item