TRADISI NGENDOH: POLA PENGASUHAN & INTERNALISASI NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA MASYARAKAT DESA PENANDINGAN KECAMATAN SUNGAI ROTAN KABUPATEN MUARA ENIM.

Arif, Ferdiko (2024) TRADISI NGENDOH: POLA PENGASUHAN & INTERNALISASI NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA MASYARAKAT DESA PENANDINGAN KECAMATAN SUNGAI ROTAN KABUPATEN MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Cover kata pengantar.pdf

Download (405kB)
[img] Text
SKRIPSI ASLI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)

Abstract

ABSTRAK Kajian Sejarah Islam Prodi Sejarah Peradaban Islam Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Skripsi, 2022 Ferdiko Arif, Tradisi Ngendoh: Pola Pengasuhan dan Internalisasi Nilai-Nilai Keagamaan Pada Masyarakat Desa Penandingan Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim xv + 86 + lampiran Skripsi ini membahas mengenai Tradisi Ngendoh pada Masyarakat Desa Penandingan (Kajian Pola Pengasuhan, Pelaksanaan dan Nilai Keislaman) Studi ini memiliki tiga tujuan yakni (1) Mendeskripsikan tentang pola pengasuhan anak di Desa Penandingan, (2) Mendeskripsikan proses pelaksanaan tradisi Ngendoh, dan (3) Menjelaskan nilai-nilai keislaman dalam tradisi Ngendoh. Judul ini dipilih karena memang penelitian mengenai tradisi Ngendoh ini memang belum ada yang meneliti selain itu tradisi ini menarik karena merupakan bentuk tradisi yang menggabungkan antara nilai agama dan nilai-nilai budaya lokal yang saling melengkapi dan harmoni. Pendekatan yang digunakan dalam kajian ini adalah pendekatan Etnografi yang mencoba mendeskripsikan secara menyeluruh karateristik kultural yang memengaruhi perilaku sosial individu masyarakat. Metode penelitian menggunakan medote penelitian kualitatif dengan tiga Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai tradisi Ngendoh di Desa Penandingan ini menunjukan beberapa hal sebagai berikut. (1) Deskripsi mengenai Desa Penandingan meliputi sejarah, keadaan geografis, keadaan penduduk dan pemerintahan, sarana dan prasarana dan kehidupan sosial budaya, (2) Proses pelaksanaan tradisi Ngendoh pada masyarakat Desa Penandingan adalah tradisi lisan pengantar tidur anak yang dilakukan oleh orang tua kepada anaknya. Dalam tradisi ini terdapat banyak nilai-nilai kebaikan yang hendak disampaikan oleh orang tua melalui syair-syair yang dilantunkan, (3) Tradisi Ngendoh merupakan bentuk tradisi lisan yang memiliki nilai-nilai keislaman seperti berbakti kepada orang tua, menuntut ilmu, perintah melaksanakan sholat, bepegang kepada Al-Quran dan Sunnah serta dzikir mengingat Allah. Kata Kunci: Tradisi Ngendoh, Nilai Islam, Penandingan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 120 Epistimologi
200 Agama > 297 Islam > 2x9 Sejarah, Islam dan Modernisasi
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 390 Norma, etika dan tradisi > Etiket (sopan santun)
800 Sastra > Kesusteraan Bahasa Indonesia > Kesusteraan dalam Bahasa Daerah di Indonesia
900 Sejarah dan Geografi > Geografi (Umum) dan Perjalanan
900 Sejarah dan Geografi > Sejarah (Umum)
Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 80230 - Sejarah Peradaban Islam (S1)
Depositing User: FERDIKO ARIF 1810402005
Date Deposited: 15 Feb 2024 01:21
Last Modified: 15 Feb 2024 01:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35248

Actions (login required)

View Item View Item