KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA DAN DOSEN PEMBIMBING SKRIPSI PADA PROSES PENYELESAIAN SKRIPSI (STUDI PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR PRODI ILMU KOMUNIKASI FISIP UIN RADEN FATAH PALEMBANG)

TSABITAH, PUTRI AULA (2023) KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA DAN DOSEN PEMBIMBING SKRIPSI PADA PROSES PENYELESAIAN SKRIPSI (STUDI PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR PRODI ILMU KOMUNIKASI FISIP UIN RADEN FATAH PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
PUTRI AULA TSABITAH 2020701026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Komunikasi antar pribadi (interpersonal communication), yaitu komunikasi yang berlangsung secara dialogis antara dua orang atau lebih. Salah satu cara untuk melatih komunikasi yang baik adalah dengan melalui pendidikan, salah satu wadah nya adalah perguruan tinggi. Mahasiswa mempunyai kewajiban yakni menyelesaikan skripsi, dalam proses penyusunan skripsi tentu terjadi komunikasi diadik antara mahasiswa dengan dosen pembimbing skripsi. Penelitian yang berjudul “Komunikasi Interpersonal Mahasiswa dan Dosen Pembimbing Skripsi Pada Proses Penyelesaian Skripsi (Studi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Raden Fatah Palembang)” ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi intrapersonal mahasiswa tingkat akhir dan dosen pembimbing skripsi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam terhadap 4 informan mahasiswa dan 4 informan dosen dengan merujuk pada aspek dan kaidah komunikasi interpersonal. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori penetrasi sosial yang menekankan pada cara penyampaian pesan dan umpan balik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal memainkan peran penting dalam proses penyelesaian skripsi mahasiswa. Hambatan komunikasi interpersonal menurut perspektif mahasiswa; kurangnya pemahaman materi, bahasa akademis yang kurang dipahami, dan manajemen waktu yang buruk. Kemudian hambatan komunikasi interpersonal menurut perspektif dosen pembimbing skripsi; waktu yang terbatas untuk melakukan bimbingan dengan mahasiswa karena jam kerja yang padat, serta karakteristik mahasiswa yang heterogen. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Mahasiswa, Dosen

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 16 Feb 2024 01:03
Last Modified: 16 Feb 2024 01:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35260

Actions (login required)

View Item View Item