PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA (Studi di Desa Lubuk Tunggal Kecamatan Rambang Kuang Kabupaten Ogan Ilir)

Nova, Scon Dia (2024) PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA (Studi di Desa Lubuk Tunggal Kecamatan Rambang Kuang Kabupaten Ogan Ilir). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Scon Dia Nova 2020702030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Partisipasi politik masyarakat dalam pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan desa. Penelitian ini dilakukan di Desa Lubuk Tunggal Kecamatan Rambang Kuang Kabupaten Ogan Ilir dan menggunakan teori partisipasi politik dari Morris Rossenberg dalam Rush Althof dalam teori ini disebutkan ada tiga alasan mengapa orang apatis secara politik yaitu, setiap keputusan memiliki biaya dan resiko, aktivitas politik dipandang sebagai suatu pekerjaan yang sia-sia, kurangnya faktor merangsang diri untuk bertidak atau disebut insentif politik. Tipe penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dari penelitian ini melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor dalam partisipasi politik yang pertama, faktor kepentingan masyarakat. Kedua, faktor sentralisasi perencanaan pembangunan desa. Ketiga, faktor pengelolaan program yang menunjukkan sebab faktor partisipasi politik masyarakat Desa Lubuk Tungga Kecamatan Rambang Kuang Kabupaten Ogan Ilir masih sangat rendah dalam mengikuti musyawarah perencanaan pembangunan desa. Kata Kunci: Partisipasi Politik, Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 16 Feb 2024 01:03
Last Modified: 16 Feb 2024 01:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35261

Actions (login required)

View Item View Item