PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI TUMBUKAN BERBASIS KOMPUTER DENGAN KONTEKS PERMAINAN TRADISIONAL KELERENG

Furqon, Imam (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI TUMBUKAN BERBASIS KOMPUTER DENGAN KONTEKS PERMAINAN TRADISIONAL KELERENG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Skripsi Imam Furqon Full Selesai.pdf

Download (10MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI TUMBUKAN BERBASIS KOMPUTER DENGAN KONTEKS PERMAINAN TRADISIONAL KELERENG Imam Furqon1, M. Win Afgani2, Jamiatul Khairunnisa Putri3 123Program Studi Pendidikan Fisika, UIN Raden Fatah Palembang 1Email: imamfurqon613@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada materi tumbukan berbasis komputer dengan konteks permainan tradisional kelereng. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan desain penelitian ADDIE. Penelitian ini dilakukan di MA Al-Fatah Palembang dengan menggunakan instrumen berupa wawancara kepada guru mata pelajaran fisika dan angket yang diberikan kepada validator ahli media, validator ahli materi, guru, dan peseta didik untuk melihat kevalidan dan kepraktisan penggunaan media. Hasil dari penelitian ini adalah produk media pembelajaran pada materi tumbukan berbasis komputer dengan konteks permainan tradisional kelereng yang telah memenuhi kriteria valid dan praktis. Hasil validasi ahli media yang telah dilakukan menunjukkan rata-rata persentase sebesar 91,7% dengan kategori sangat valid. Adapun hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase sebesar 92,8% kategori sangat valid. Hasil uji coba terbatas menunjukkan rata-rata persentase penilaian dari guru mata pelajaran fisika sebesar 89,2% dengan kategori sangat praktis dan respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran menunjukkan persentase sebesar 87,3% dengan kategori sangat praktis. Kata Kunci: Media Pembelajaran Berbasis Komputer, Permainan Kelereng, Tumbukan DEVELOPMENT OF COMPUTER BASED LEARNING MEDIA IN COLLISION SUBCHAPTER WITH THE CONTEXT OF THE TRADITIONAL GAME OF MARBLES Imam Furqon1, M. Win Afgani2, Jamiatul Khairunnisa Putri3 123Department of Physics, UIN Raden Fatah Palembang 1Email: imamfurqon613@gmail.com ABSTRACT This research aims to develop learning media using computer-based collision material in the context of the traditional game of marbles. This research is a Research and Development study using the ADDIE research design. The research was conducted at MA Al-Fatah Palembang using instruments in the form of interviews and questionnaires for data collection. Interviews were conducted with physics subject teachers at MA Al-Fatah Palembang. The questionnaire was given to media expert validators, material expert validators, teachers and students to see the validity and practicality of media use. The result of this research is a learning media product using computer-based collision material in the context of the traditional game of marbles which meets the valid and practical criteria. The results of media expert validation that have been carried out show percentages of 91,7% with very valid categories. The material expert validation results show a percentage of 92.8% with a very valid category. The results of the limited trial showed that the percentage of assessments from physics subject teachers was 89,2% in the very practical category and students' responses to the use of learning media showed a percentage of 87.3% in the very practical category. Keywords: Collision, Computer Based Learning Media, Marbles,

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Berbasis Komputer, Permainan Kelereng, Tumbukan
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: IMAM FURQON 2010209005
Date Deposited: 19 Feb 2024 01:07
Last Modified: 19 Feb 2024 01:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35285

Actions (login required)

View Item View Item