TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG PELAKSANAAN GANTI RUGI RISIKO KERUSAKAN DAN KEHILANGAN LAUNDRY SEPATU (STUDI KASUS PADA C LAUNDRY DI JALAN KEBUN BUNGA PALEMBANG)

Putra, RM. Satria Catur Adi (2023) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG PELAKSANAAN GANTI RUGI RISIKO KERUSAKAN DAN KEHILANGAN LAUNDRY SEPATU (STUDI KASUS PADA C LAUNDRY DI JALAN KEBUN BUNGA PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Slideshow
Skripsi Fiks Rm.Satria pdf.docx
Restricted to Registered users only until 30 October 2029.

Download (795kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul tentang “ Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Tentang Pelaksanaan Ganti Rugi Resiko Kerusakan Dan Kehilangan Laundry Sepatu (Studi Kasus Pada C Laundry Di Jalan Kebun Bunga Palembang)”, dengan latar belakang masalah adalah sering terjadinya kelalaian pada jasa Laundry yang mengakibatkan rusak atau hilangnya barang-barang para pelanggan Laundry, namun dalam mekanisme ganti rugi oleh pihak Laundry dimana pada jasa Laundry sepatu C Laundry mengganti kerugian konsumen setengah dari harga barang yang hilang dengan syarat pengaduan kehilangan dan kerusakan dalam jangka waktu seminggu paling lama setelah pengambilan barang cucian, hal ini banyak membuat konsumen merasa kurang puas. Dalam penelitian ini terdapat dua hal yang menjadi fokus kajian penulis. Pertama bagaimana mekanisme ganti rugi resiko tentang kerusakan dan kehilangan pada Laundry sepatu C Laundry kota palembang. Kedua bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah tentang pelaksanaan ganti rugi resiko kerusakan dan kehilangan dalam pelayanan Laundry sepatu di toko C Laundry kota palembang. Adapun metode penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) dan metode penelitian ini menggunakan data kualitatif dengan landasan data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini berupa hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi langsung ke objek yang berkaitan dengan penelitian. Adapun data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini berupa buku-buku primer yang dianggap representatif terhadap hasil penelitian sebagai pelengkap data primer. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Mekanisme ganti rugi resiko tentang kerusakan dan kehilangan pada Laundry sepatu C Laundry kota palembang, yaitu jika benar kerusakan atau kehilangan barang tersebut disebabkan oleh karyawannya maka akan diganti rugi, dan Tinjauan hukum ekonomi syariah tentang pelaksanaan ganti rugi resiko kerusakan dalam pelayanan Laundry sepatu di toko c Laundry kota palembang yaitu bahwa pelaksanaan ganti rugi pada Laundry sepatu C Laundry secara umum telah melaksanakan kewajiban atau ganti rugi sesuai dengan akad yang ada pada tiap-tiap Laundry, terkait kerusakan atau kehilangan sepatu pelanggan (pengguna jasa Laundry), dan biaya ganti rugi yang diberikan oleh pemilik Laundry sudah sesuai dengan hukum ekonomi syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Ganti Rugi, Laundry, Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: RM. SATRIA CATUR ADI PUTRA 1920104038
Date Deposited: 28 Feb 2024 07:01
Last Modified: 28 Feb 2024 07:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35289

Actions (login required)

View Item View Item