TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP TAWAR-MENAWAR ARISAN BARANG DENGAN SISTEM PILIHAN (STUDI KASUS KELOMPOK ARISAN IBU-IBU DI KELURAHAN JUA-JUA KECAMATAN KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR)

Wijaya, Candra (2023) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP TAWAR-MENAWAR ARISAN BARANG DENGAN SISTEM PILIHAN (STUDI KASUS KELOMPOK ARISAN IBU-IBU DI KELURAHAN JUA-JUA KECAMATAN KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Slideshow
candra wijaya.pdf
Restricted to Registered users only until 30 October 2029.

Download (658kB) | Request a copy

Abstract

Arisan adalah salah satu bagian dari kegiatan muamalah yang banyak orang pasti mengenalnya Salah satu bentuk arisan yang ada di kelurahan jua-jua, Kecamatan Kayuagung, yaitu suatu bentuk arisan yang diminati yaitu arisan barang. Termasuk arisan barang yang dibentuk oleh Ibu salah satu ketua arisan yang berada di Kelurahan Jua-Jua Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir, dimana arisan barang disini menggunakan negosiasi arisan barang dengan sistem pilihan. Namun permasalahannya disini ada dua, pertama dimana harga barang yang dijual atau dikreditkan barang tersebut tidak sesuai dengan harga dipasaran. Kedua, disini terdapat penambahan harga. tergantung dengan harga barang, sehingga keuntungan yang akan didapatkan oleh Ibu ketua tergantung dengan harga barang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Karena penelitian ini dilakukan dilapangan yaitu tentang praktik negosiasi arisan barang dengan sistem pilihan di Kelurahan Jua-Jua. Maka dari itu data yang diperoleh berupa dari buku-buku, jurnal, internet ataupun wawancara langsung dengan pihak yang terlibat dalam praktik arisan barang ini. Adapun untuk mengumpulkan data penulis menggunakan metode data primer dan sekunder, yakni metode analisis dengan mendeskripsikan suatu situasi tertentu bersifat faktual secara langsung, sistematis dan akurat melalui tahap-tahap mencari fakta-fakta yang ada relevansinya dengan “Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Tawar-Menawar Arisan Barang Dengan Sistem Pilihan (Studi Kasus Kelompok Arisan Ibu-Ibu Di Kelurahan Jua-Jua Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir)”. Kemudian ditelaah untuk diambil kesimpulan secara deduktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal. Pertama, Praktik arisan barang ini menggunakan praktik hutang piutang atau kredit, dimana anggota arisan menyetor uang kepada ketua arisan setiap bulan yang telah disepakatin. Dan disini terdapat penambahan jumlah uang yang harus dibayar oleh anggota arisan jika anggota arisan melewati tanggal jatuh tempo; kedua, praktik arisan barang di Kelurahan Jua-Jua ini jika dilihat dari rukun dan syarat dalam aqad qardh, a) muqtaridh dan muqridh, ialah ketua arisan dan anggota arisan; b) ijab qabul, adanya penambahan biaya barang maka dari sinilah qardh dalam arisan tersebut tidak sesuai dengan hukum ekonomi syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Arisan Barang, Hutang Piutang, Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: CANDRA WIJAYA 1930104195
Date Deposited: 28 Feb 2024 07:01
Last Modified: 28 Feb 2024 07:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35291

Actions (login required)

View Item View Item