EFEKTIVITAS DAKWAH MELALUI METODE CAWISAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN AGAMA JAMAAH MUSHOLA SOPONYONO KELURAHAN 12 ULU KECAMATAN SU II KOTA PALEMBANG

Alamsyah, M. Ardi (2023) EFEKTIVITAS DAKWAH MELALUI METODE CAWISAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN AGAMA JAMAAH MUSHOLA SOPONYONO KELURAHAN 12 ULU KECAMATAN SU II KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Cover.pdf

Download (242kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (285kB)
[img] Text
Skripsi BAB I - V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (301kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Efektivitas Dakwah Melalui Metode Cawisan Dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Jamaah Mushola Soponyono Kelurahan 12 ULU Kecamatan SU II Kota Palembang”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dakwah melalui metode cawisan dalam meningkatkan pemahaman agama. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) melalui pendekatan kuantitatif Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini terkait dengan efektivitas menurut sutrisno dengan indikator-indikator yang digunakan untuk mengukur efektivitas dakwah melalui metode cawisan dalam meningkatkan pemahaman agama adalah pemahaman program isi dari cawisan yang di sampaikan, tepat sasaran dimana metode yang di gunakan tepat dalam megubah akhlak jamaah, tepat waktu sebelum terjadi perubahan yang di alami jamaah nantinya, sehingga tercapainya tujuan yang diinginkan jamaah terhadap kehidupan, dan yang membuat perubahan nyata dalam kehidupan sehari hari jamaah. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa hasil olah data dengan program SPSS versi 25, yang memperoleh nilai thitung > ttabel sebesar (3,435 > 2,004) dan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, maka dapat dikatakan bahwa adanya efektivitas dakwah melalui metode cawisan dalam meningkatkan pemahaman agama, hal ini juga cukup besarnya koefisien determinasi atau Rsquare sebesar 0,174 yang menunjukkan bahwa adanya efektivitas dakwah melalui metode cawisan dalam meningkatkan pemahaman agama sebesar 17,4%, sedangkan sisanya 82,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa efektivitas dakwah melalui metode cawisan dalam meningkatkan pemahaman agama pada jamaah Mushola Soponyono sudah bisa dikatakan cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Dakwah, Cawisan, dan Agama
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: M. ARDI ALAMSYAH 1930504065
Date Deposited: 20 Feb 2024 01:28
Last Modified: 20 Feb 2024 01:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35315

Actions (login required)

View Item View Item