KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP PEMASANGAN SUSUK DI DESA LETANG KEC. BABAT SUPAT KAB. MUSI BANYUASIN (Studi kasus pengunaan susuk kekuatan voli di Desa Letang)

Kurnia, Kurnia (2023) KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP PEMASANGAN SUSUK DI DESA LETANG KEC. BABAT SUPAT KAB. MUSI BANYUASIN (Studi kasus pengunaan susuk kekuatan voli di Desa Letang). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB I - V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul “kepercayaan masyarakat terhadap pemasangan susuk di Desa Letang Kec. Babat Supat kab. Musi Banyuasin” Susuk saat ini masih dikenal dikalang masyarakat dan media sosial. Seiring berjalannya waktu susuk sudah tidak sepopuler dahulu tetapi masih ada masyarakat yang masih menggunakan susuk untuk kepentingan pribadi. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) bagaimana latar belakang pengguna susuk bagi pemain voli di Desa Letang?., 2) bagaimana pandangan masyarakat terhadap seseorang yang menggunakan susuk?., 3) bagaimana pandangan tokoh agama terhadap seseorang pemakai susuk. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kepercayaan pengguna susuk terhadap susuk yang ia gunakan, serta pandangan masyarakat terhadap pengguna susuk dan pandangan tokoh agama terhadap penggunaan susuk dalam Islam. Jenis penelitian ini adalah Field Research (penelitian lapangan) dengan jenis data kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah pengguna susuk, masyarakat, tokoh agama yang ada di desa Letang kec. Babat Supat kab. Musi Banyuasin. Sedangkan sumber data sekunder dari berbagai literatur seperti buku, jurnal, skripsi, artikel dan media. Teori yang digunakan dalam pengumpulan data skripsi ini adalah teori magi produktif, magi protektif, magi destruktif, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi redukasi data, penyajian data, analizing, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa adanya susuk kekuatan voli yang melakukan tindakan yang menyimpang yaitu salah satunya menggunakan susuk voli. Ada beberapa pokok temuan penelitian yang dilakukan, antara lain pokok yang pertama. 1) terdapatnya pengunan susuk voli yang masih percaya dengan hal-hal ghaib yaitu berusaha memasang susuk voli demi mendapatkan kekutan lebih. Pengguna susuk juga mempercayai setelah pemasangan susuk akan membuat dirinya percaya diri, dapat meningkatkan power dalam bermain, dan bisa membantu dalam kehidupan sehari-hari. 2) pandangan masyarakat terhadap penguna susuk sangatlah beragam, sebagian masyarakat mempercayai adanya susuk dan sebagian masyarakat juga tidak mempercayai susuk, bahwa masyarakat yang telah menegetahui adanya pengunaan susuk di Desa Letang baik secara langsug maupun tidak langsung masyarakat tidak begitu tertarik di karenakan sebagaian masyarakat telah mengetahui dampak yang akan di timbulkan setelah pemasangan susuk tersebut. 3) adapun pandangan tokoh agama Desa Letang terhadap pengunaan susuk menilai pemasangan susuk tersebut dikarenakan kurangnya pemahaman agama yang dapat mengakibtkan tidak percaya terhadap kekutan yang telah di berikan oleh Allah hal tersebut sama saja perbuatan yang tidak dibenarkan oleh agama dan berakibat perbuatan syirik sama saja dengan menyekutukan Allah. perbutan tersebut atau tindakan yang melanggar aturan agama termasuk dalam penyimpangan dan termasuk dosa besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: kepercayaan, masyarakat, susuk.
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama - Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: KURNIA 1930301016
Date Deposited: 21 Feb 2024 06:16
Last Modified: 21 Feb 2024 06:16
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35364

Actions (login required)

View Item View Item