Penetapan Tarif Tiket Bus Antarkota Antarprovinsi Berdasarkan Lokasi Tujuan Ditinjau Dari Persfektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus PO di Kota Palembang)

Audira, Andeska (2023) Penetapan Tarif Tiket Bus Antarkota Antarprovinsi Berdasarkan Lokasi Tujuan Ditinjau Dari Persfektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus PO di Kota Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Slideshow
Skripsi Andeska Audira.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penetapan Tarif Tiket Bus Antarkota Antarprovinsi Berdasarkan Lokasi Tujuan Ditinjau Dari Persfektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus PO di Kota Palembang)”. Latar belakang dalam penulisan skripsi ini adalah karena semakin tingginya penggunaan jasa transportasi umum oleh masyarakat sehingga banyaknya persaingan antar perusahaan otobus di Kota Palembang mengharuskan adanya penetapan tarif yang tidak merugikan perusahaan maupun penggunaa jasa. Rumusan masalah dalam skripsi ini yakni, bagaimana penetapan tarif tiket bus antar kota antar provinsi oleh PO di Kota Palembang. Bagaimana persfektif hukum ekonomi syariah terhadap penetapan tarif tiket bus Antar Kota Antar Provinsi berdasarkan lokasi tujuan oleh Perusahaan Otobus di Kota Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan sumber data primer, sekunder, serta memaparkan populasi dan sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan, wawancara secara langsung bersama responden dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yakni, faktor yang melatarbelakangi penetapan tarif oleh perusahaan otobus, seperti peraturan pemerintah, ketentuan dari perusahaan pusat, kenaikan harga bahan bakar, biaya operasional, pemintaan pelayanan oleh penumpang, fasilitas yang tersedia, dan jarak rute perjalanan yang dilewati. Menurut persfektif hukum ekonomi syariah, praktik penetapan tarif ini sudah sesuai dengan prinsip-prinsip bermuamalah karena tetap mengedepankan keadilan sesuai syariat dan tidak mengambil keuntungan berlebihan sehingga dapat menimbulkan kedzaliman bagi pengguna jasa transportasi tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Penetapan Tarif, Transportasi, Perusahan Otobus.
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: ANDESKA AUDIRA 1910104024
Date Deposited: 22 Feb 2024 08:42
Last Modified: 22 Feb 2024 08:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35403

Actions (login required)

View Item View Item