MENGOBATI PENYAKIT HATI MELALUI TERAPI TASAWUF: STUDI ANALISIS BUKU HIDUP SEHAT DAN BAHAGIA DALAM PERSPEKTIF TASAWUF KARANGAN PROF. DR. H. MUZAKKIR, M.A.

MUDRIKAH, MUDRIKAH (2022) MENGOBATI PENYAKIT HATI MELALUI TERAPI TASAWUF: STUDI ANALISIS BUKU HIDUP SEHAT DAN BAHAGIA DALAM PERSPEKTIF TASAWUF KARANGAN PROF. DR. H. MUZAKKIR, M.A. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini mengkaji tentang bagaimana terapi tasawuf dalam mengobati penyakit hati. Hati merupakan komponen terpenting dalam diri manusia. Hati ibarat seorang raja yang memerintah dan tentaranya adalah seluruh anggota badan. Semua bergerak atas perintahnya. Oleh karena itu manusia harus senantiasa dapat menjaga hatinya agar tidak terjerumus kepada hal-hal yang dibenci oleh Allah SWT. Judul dari penelitian ini yaitu “Mengobati Penyakit Hati Melalui Terapi Tasawuf Studi Analisis Buku Hidup Sehat Dan Bahagia Dalam Perspektif Tasawuf Karangan Prof. Dr. H. Muzakkir, M.A.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesehatan dan kebahagiaan hidup dalam perspektif tasawuf, mengetahui bagaimana cara mengobati penyakit hati melalui terapi tasawuf dalam analisis buku hidup sehat dan bahagia dalam perspektif tasawuf karangan Muzakkir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian library research atau penelitian kepustakaan dimana penelitian ini berdasarkan kumpulan data-data kepustakaan yang di dapatkan mengenai analisis data yaitu analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian bahwa obat/terapi untuk menyembuhkan penyakit hati dapat dilakukan dengan cara melaksanakan amalan-amalan lahiriah (ibadah), seperti shalat, puasa, haji, zakat, dan sedekah, mencari rezeki yang halal, bersifat sosial dalam masyarakat, zikrullah, membaca Al-Qur’an dan mentadaburinya, ittiba’ (mengikuti sunah Rasulullah SAW), beramar ma’ruf nahi munkar dan menumbuhkan serta melaksanakan amalan-amalan batiniah (akhlak-akhlak mulia) seperti taubat dari segala dosa dan maksiat (memperbanyak istighfar). Katakunci: Penyakit Hati, Terapi Tasawuf

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Katakunci: Penyakit Hati, Terapi Tasawuf
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: MUDRIKAH 1720502053
Date Deposited: 22 Feb 2024 08:42
Last Modified: 22 Feb 2024 08:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35417

Actions (login required)

View Item View Item