ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PROSES PENGANGKATAN ANAK SECARA KEKELUARGAAN (STUDI KASUS DI KELURAHAN SUKAJADI KECAMATAN BATURAJA TIMUR KABUPATEN OGAN KOMERING ULU)

Valentia, Helen (2023) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PROSES PENGANGKATAN ANAK SECARA KEKELUARGAAN (STUDI KASUS DI KELURAHAN SUKAJADI KECAMATAN BATURAJA TIMUR KABUPATEN OGAN KOMERING ULU). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (77kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (80kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB I - V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy

Abstract

Judul skripsi dalam penelitian ini adalah adanya permasalahan dengan latar belakang pada praktek pengangkatan anak secara kekeluargaan di Kelurahan Sukajadi Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu, berdasarkan hasil pengamatan dilapangan, praktek pengangkatan anak yang dijadikan sebagai anak kandung dengan akibat terputusnya hubungan dengan keluarga asalnya, sehingga memunculkan rumusan masalah yakni (1) Apa yang melatarbelakangi pengangkatan anak secara kekeluargaan di Kelurahan Sukajadi. (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap proses pengangkatan anak secara kekeluargaan di Kelurahan Sukajadi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reseacrh). Dengan lokasi penelitian di Kelurahan Sukajadi Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu, jenis data yang digunakan adalah kualitatif, dengan sumber data primernya berasal dari wawancara narasumber, dan data sekundernya berasal dari buku, jurnal dan Al-Qur’an, penentuan subjek yang dipakai adalah purposive sampling, dengan melakukan pendekatan deskriptif, selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yang melatarbelakangi pengangkatan anak di Kelurahan Sukajadi diantaranya 1. karena sudah divonis tidak bisa mempunyai keturunan (mandul), 2. kandungan lemah yang mengakibatkan keguguran, 3. keinginan seseorang melengkapi anggota keluarga karena hanya memiliki anak laki-laki. Tinjauan hukum Islam terhadap proses pengangkatan anak secara kekeluargaan dengan disaksikan oleh keluarga tertentu, dalam hukum Islam diperbolehkan. Namun yang terjadi dimasyarakat tidak sesuai dengan hukum Islam, dimana dalam hal status anak angkat disamakan dengan anak kandung, anak angkat menjadi mahram dan sebagai pewaris, maka hal ini tidak diperbolehkan dalam Islam sesuai dengan firman Allah dalam surah al-Ahzab ayat 4-5, pengangkatan anak hanya sebatas pengasuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengangkatan Anak, Sebab Pengangkatan Anak, Anak Angkat.
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: Helen Valentia -
Date Deposited: 26 Feb 2024 01:35
Last Modified: 26 Feb 2024 01:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35437

Actions (login required)

View Item View Item