PENERAPAN JAMINAN TERHADAP KONSUMEN TANGKI AIR PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS CV.TEDMOND FIBRE GLASS KAB.BANYUASIN)

Pertiwi S.H, Deas (2023) PENERAPAN JAMINAN TERHADAP KONSUMEN TANGKI AIR PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS CV.TEDMOND FIBRE GLASS KAB.BANYUASIN). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
A5 DEAS PERTIWI nolampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul Penerapan Jaminan Terhadap Konsumen Tangki Air Perspektif Hukum Ekonomi Syariah, studi kasus CV.Tedmond Fibre Glass. Dengan latar belakang masalah bahwa di dalam perjanjian jual beli haruslah menerapkan nilai-nilai ekonomi syariah serta prinsip-prinsip Hukum Ekonomi Syariah, agar aktivitas jual beli sesuai dengan syara’ dan mendapatkan keberkahan, namun, adapun tujuan dari penelitian ini untuk memberitahukan mengenai penerapan perjanjian jaminan terhadap konsumen tangki air, selain itu memberitahukan apakah di dalam pelaksanaan perjanjian jaminan tersebut telah menggunakan prinsip-prinsip syariah. Di dalam metode penelitian yang digunakan penulis yakni dengan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan. Dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari data pengamatan wawancara kepada pihak responden pelaku usaha tengki air di CV.Tedmond Fibre Glass yang ada di Kabupaten Banyuasin Kota Palembang, serta mengumpulkan data dari buku-buku, dokumen yang berkaitan dengan perjanjian jaminan terhadap konsumen.Perjanjian terhadap konsumen sebagai jaminan bahwa tangki air yang di produksi oleh CV.Tedmond Fibre Glass tersebut tidak akan mengalami kerusakan dan dapat dijamin bahwa barang yang dihasilkan berkualitas. Sehingga dari pihak produsen bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi apabila barang baru sampai di tangan konsumen, penulis mengharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi sumber referensi bagi semua pelaku usaha dengan penggunaan perjanjian jaminan terhadap pembeli atau konsumen, serta dapat menerapakan prinsip syariah di dalam kegiatan usaha baik dalam pembuatan perjanjian maupun kegiatan usahanya saja. Kata Kunci : Jaminan, Jual Beli, Tangki air

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : jaminan, jual beli, tangki air
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Bibliografi
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan > Perpustakaan umum
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Ensiklopedia Umum
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Terbitan Berseri, Berkala, Publikasi Umum
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Asosiasi, Organisasi dan Museum
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Media Massa, Jurnalisme, Publikasi
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Kumpulan Karya Umum, Kutipan, Koleksi Abstrak Umum
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Buku Langka, Manuskrip
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: DEAS PERTIWI 1910104025
Date Deposited: 26 Feb 2024 01:36
Last Modified: 26 Feb 2024 01:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35439

Actions (login required)

View Item View Item