PERAN UKMK LEMBAGA PENGEMBANGAN TILAWATIL QUR’AN DAN DAKWAH (LPTQ & D) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PARA ANGGOTA ANGKATAN 2021

Rahmadiah, Faizah Wahyu (2023) PERAN UKMK LEMBAGA PENGEMBANGAN TILAWATIL QUR’AN DAN DAKWAH (LPTQ & D) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PARA ANGGOTA ANGKATAN 2021. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Slideshow
1-HALAMAN JUDUL.pdf

Download (946kB)
[img] Slideshow
2-BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Slideshow
3-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Slideshow
4-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Slideshow
5-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Slideshow
6-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Slideshow
7-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Slideshow
8-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam membaca Al-Qur’an masih terdapat problem atau pemasalahan mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang, yaitu belum lancar dan belum memahami ilmu tajwid. Hal tersebut dikarenakan tidak semua mahasiswa UIN Raden Fatah adalah alumni pondok pesantren dan beberapa dosen pembimbing tahfidz yang sulit untuk ditemui. Di UIN Raden Fatah Palembang terdapat salah satu organisasi yang membantu mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, yaitu UKMK Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an dan Dakwah (LPTQ & D). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peran UKMK LPTQ & D dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an para anggota angkatan 2021. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber yang didapatkan dari penelitian ini yaitu sumber data sekunder yang didapatkan dari dokumen-dokumen UKMK LPTQ & D mengenai sejarah UKMK LPTQ & D, struktur organisasi, dan dokumen lainnya yang mendukung. Dan juga didapatkan dari sumber data primer yang berasal dari observasi dan wawancara dengan dewan pembina, ketua umum, wakil ketua umum, bendahara umum, dan ketua divisi BTA UKMK LPTQ & D. Hasil penelitian ini ialah UKMK LPTQ & D mempunyai banyak program kerja, diantara program kerja tersebut yang membantu dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an adalah program kerja dari divisi BTA, yaitu pembelajaran ilmu tajwid dan pembelajaran naghomul Qur’an. Maka peran UKMK LPTQ & D dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dikatakan berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Adapun faktor pendukung pembelajaran UKMK LPTQ & D yaitu adanya kemauan anggota untuk belajar dan adanya pengajar yang mumpuni dibidangnya. Kemudian faktor penghambatnya yaitu fasilitas yang kurang memadai seperti tidak adanya tempat khusus dalam pelaksanaan pembelajaran dan waktu yang bertabrakan dengan jadwal perkuliahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peran, UKMK LPTQ & D, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: FAIZAH WAHYU RAHMADIAH 2020202039
Date Deposited: 28 Feb 2024 07:02
Last Modified: 28 Feb 2024 07:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35506

Actions (login required)

View Item View Item