MEKANISME JUAL BELI NOMOR ANTRIAN PUTRA DESA PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Study Kasus Pada Penjualan Kelapa Sawit di PT Mitra Agrolika Sejahtera di Desa Muara Bahar Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin)

Fitria, Fitria (2023) MEKANISME JUAL BELI NOMOR ANTRIAN PUTRA DESA PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Study Kasus Pada Penjualan Kelapa Sawit di PT Mitra Agrolika Sejahtera di Desa Muara Bahar Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Fix fulI bab (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Jual beli adalah transaksi tukar menukar uang dengan barang, berdasarkan suka sama suka jual beli Nomor Antrian Putra Desa yang terjadi di PT Mitra Agrolika Sejahtera merupakan jual beli yang melalui mekanisme pihak ketiga dimana pihak pertama dan pihak kedua tidak harus bertemu secara langsung, menurut cara yang ditentukan syariat, baik dengan ijab kabul yang jelas yaitu dengan cara saling memberi barang atau uang tanpa mengucapkan ijab kabul. Penulis tertarik dengan bagaimana mekanisme jual beli Nomor Antrian Putra Desa ini menurut Perspektif Hukum Ekonomi Syariah apakah diperbolehkan dan memenuhi rukun dan syarat sah jual beli. Nomor Antrian Putra Desa adalah Nomor Antrian khusus yang diberikan kepada Putra Desa dari PT Mitra Agrolika Sejahtera. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Pertama, Bagaimana mekanisme jual beli Nomor Antrian Putra Desa pada penjualan Kelapa Sawit di PT Mitra Agrolika Sejahtera Di Desa Muara Bahar Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin? Kedua, Bagaimana Perspektif Hukum Ekonomi Syariah terhadap mekanisme jual beli Nomor Antrian Putra Desa pada penjualan Kelapa Sawit di PT Mitra Agrolika Sejahtera Di Desa Muara Bahar Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin? Jenis penelitian penelitian lapangan Kualitatif (field research) bisa disebut juga penelitian Yuridis Empiris. Dengan analisis data melalui metode deskriftif kualitatif. Adapun pengumpulan data diperoleh melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme jual beli Nomor Antrian Putra Desa melalui mekanisme pihak ketiga dilihat dari segi penjualan dan pembelian telah memenuhi rukun dan syarat sah jual beli. Dengan adanya rasa sukarela pada saat membeli, dan manfaat dari penjualan Nomor Antrian Putra Desa ini dapat dirasakan oleh pembeli dan keuntungan yang didapatkan akan diberikan kepada pihak pertama sebagai pemilik Nomor Antrian Putra Desa tersebut. Selain itu Menurut Perspektif Hukum Ekonnomi Syariah mekanisme jual beli Nomor Antrian Putra Desa melalui mekanisme pihak ketiga ini diperbolehkan karena sudah sesuai dan memenuhi rukun dan syarat sah jual beli. Kata Kunci: Mekanisme, Jual Beli, Hukum Ekonomi Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Mekanisme, Jual Beli, Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: FITRIA 1930104194
Date Deposited: 28 Feb 2024 07:02
Last Modified: 28 Feb 2024 07:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35515

Actions (login required)

View Item View Item