PENGARUH FINANCIAL RATIO TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PERBANKAN SYARIAH INDONESIA PADA BANK UMUM SYARIAH SWASTA PERIODE 2017-2022

Utami, Hidayani Putri (2023) PENGARUH FINANCIAL RATIO TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PERBANKAN SYARIAH INDONESIA PADA BANK UMUM SYARIAH SWASTA PERIODE 2017-2022. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh financial ratio yaitu Capital Adequency Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF), Return On Assets (ROA), Badan Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), dan Financing Deposit Ratio (FDR) terhadap financial distress pada Bank Umum Syariah Swasta di Indonesia selama periode 2017-2022. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang berupa data panel melalui teknik purposive sampling. Adapun metode dalam mengumpulkan data dilakukan melalui publikasi laporan tahunan (annual report) dari setiap Bank Umum Syariah Swasta pada masing-masing website bank tersebut. Sampel yang digunakan yaitu 6 Bank Umum Syariah Swasta yang terdaftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2017 hingga 2022. Data yang diperoleh selanjutnya dilakukan pengolahan dengan menggunakan aplikasi SPSS 23, serta dianalisis dengan menggunakan beberapa pengujian yaitu uji prasayarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dengan p-plot, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi setelah itu diuji dengan uji hipotesis yang terdiri dari analisis linier berganda, uji t-parsial, dan uji f-simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CAR dan FDR berpengaruh positif signifikan terhadap financial distress pada Bank Umum Syariah Swasta di Indonesia pada tahun 2017 hingga 2022, sedangkan NPF, ROA, dan BOPO berpengaruh negatif signifikan terhadap financial distress pada Bank Umum Syariah Swasta di Indonesia pada tahun 2017 hingga 2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Badan Operasional Pendapatan Operasional, Capital Adequency Ratio, Financing Deposit Ratio, Non Performing Financing, dan Return On Assets.
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: HIDAYANI PUTRI UTAMI 1930603204
Date Deposited: 28 Feb 2024 07:04
Last Modified: 28 Feb 2024 07:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35579

Actions (login required)

View Item View Item