DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP JUMLAH NASABAH DAN PENDAPATAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) INSAN MULIA DI KOTA PALEMBANG

M. Sahlan, hilmi (2023) DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP JUMLAH NASABAH DAN PENDAPATAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) INSAN MULIA DI KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
skripsi - M Sahlan Hilmi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
skripsi - M Sahlan Hilmi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Lembaga keuangan syariah adalah lembaga pengelola keuangan yang menerapkan prinsip syariah terhadap produk-produk keuangan yang dimilikinya. Sejak memasuki era reformasi, lembaga keuangan syariah telah mengambil peran penting sebagai salah satu pilar perekonomian masyarakat. Pandemi Covid-19 yang mulai terjadi pada akhir tahun 2019 sampai saat ini telah membawa dampak yang buruk bagi perekonomian Indonesia Kondisi perekonomian masyarakat yang tidak stabil sebagai dampak dari pandemi covid-19 turut berdampak kepada sektor keuangan syari’ah global. Salah satu bagian dari bidang keuangan syariah yang tetap eksis ditengah pandemi covid-19 adalah Iembaga keuangan mikro syariah. Diantara berbagai macam Iembaga keuangan mikro syariah yang ada, BMT menjadi salah satu yang mampu berkiprah dan diterima dengan baik oleh masayrakat. BMT atau Baitul Maal Wa Tamwil adaIah Iembaga keuangan mikro yang mampu menghimpun serta menyalurkan dana keuangan dan sosial (penyaluran ZIS). Salah satu BMT yang aktif memberikan layanan kepada masayarakat dan para pelaku usaha UMKM adalah BMT Insan Mulia Palembang. Tujuan dari peneIitian ini adaIah untuk mengetahui bagaimana pandemi Covid-19 mempengaruhi jumlah nasabah BMT lnsan MuIia dan pendapatan BMT lnsan MuIia selama periode pandemic covid-19 berlangsung. PeneIitian ini termasuk kedalam jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Data yang didapatkan tersaji dalam bentuk teks yang berbentuk naratif. PeneIitian ini menggunakan metode/teknik anaIisis data kuaIitatif dengan menggunakan metode penalaran induktif. Berdasarkan hasil peneIitian diketahui bahwa pandemi covid-19 memberikan sejumlah dampak terhadap jumlah nasabah dan pendapatan BMT Insan Mulia, yaitu perubahan jumlah nasabah BMT Insan Mulia dan perubahan pendapatan BMT Insan Mulia. Perubahan ini disebabkan oleh kegiatan perekonomian masyarakat yang terkendala selama pandemic covid-19 berlangsung. Selain itu, perubahan yang terjadi pada jumlah nasabah dan pendapatan BMT Insan Mulia terjadi secara dinamis selama periode pandemi covid-19 selama 3 tahun terakhir ini. Kata Kunci : BMT; Pandemi Covid-29; Nasabah; Pendapatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 330 Ekonomi > Situasi dan Kondisi Ekonomi Indonesia
Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: M. SAHLAN HILMI 1810602039
Date Deposited: 01 Mar 2024 01:30
Last Modified: 01 Mar 2024 01:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35699

Actions (login required)

View Item View Item