KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM MENGEKSPLOITASI ANAK DI BAWAH UMUR (STUDI KASUS TERMINAL PASAR KOTA MUARA ENIM)

Marfikasari, Vefi (2023) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM MENGEKSPLOITASI ANAK DI BAWAH UMUR (STUDI KASUS TERMINAL PASAR KOTA MUARA ENIM). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Vefi Marfikasari 1710701038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Mengesploitasi anak dibawah umur merupakan persoalan sosial yang terjadi di Pasar Terminal Kota Mura Enim, ekploitasi anak yaitu tindakaan dengan tanpa persetujuan korban yang meliputi kerja atau pelayanan paksa, perbudakan atau praktik, serupa perbudakan, penindasan, pemersaan, memanfaatkan tenaga atau kemampuan anak oleh orang tua yang harusnya bertanggung jawab melindungi anak-anak tersebut untuk mendapatkan keuntungan tanpa memperhatikan berbagai kebutuhan dasar yang seharusnya di peroleh anak untuk menjamin kelangsungan hidup dan tumbuh kembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi yang terjalin anatara orang tua selama melakukan pengesploitasian kepada anak di bawah umur, serta mengetahui faktor penyebabkan eksploitasi anak dibawah umur dengan berlandasan teori intraksionisme simbolik. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriftif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dekumentasi. Hasil penelitian menjukkan berdasarkan ada beberpa tahapan yang di lakukan orang tua unutk mengesploitasi anak yaitu rencana, proses, iming-iming, penekanan, paksaan. Adapun penyebab terjadinya eksploitasi anak dikarnakan faktor ekonomi faktor kemiskinan, faktor Lingkungan, penggangguran, rendahnya Pendidikan, tidak adanya keterampilan. Kata kunci : Anak, Eksploitasi, Under age

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 01 Mar 2024 01:30
Last Modified: 01 Mar 2024 01:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35723

Actions (login required)

View Item View Item