POLA KOMUNIKASI RELAWAN SATU AMAL INDONESIA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada peserta didik di wilayah Tempat Pembuangan Akhir Karya Jaya pada Program Sekolah Pinggiran Sriwijaya)

CHANIAGO, NAZIFFURRAHMAN (2024) POLA KOMUNIKASI RELAWAN SATU AMAL INDONESIA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada peserta didik di wilayah Tempat Pembuangan Akhir Karya Jaya pada Program Sekolah Pinggiran Sriwijaya). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
NAZIFFURRAHMAN CHANIAGO 1730701136.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kualitas pendidikan di wilayah Tempat Pembuangan Akhir Karya Jaya serta minimnya fasilitas dan pendampingan belajar bagi anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang digunakan para relawan pengajar dalam meningkatkan prestasi belajar dan apa faktor pendukung dan hambatan komunikasi dalam meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teori kontruktivisme. Dengan pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pola komunikasi relawan Satu Amal Indonesia dalam meningkatkan prestasi belajar dengan menggunakan pola komunikasi satu arah, dimana para relawan memberikan arahan kepada anak-anak dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan para relawan pengajar. Pola komunikasi dua arah dimana para relawan pengajar dapat berinteraksi kepada anak dan memberikan pendampingan pada saat proses pembelajaran. Pola komunikasi multiarah dimana relawan pengajar memberikan fasilitas belajar dan mengembangkan potensi peserta didik melalui kegiatan yang bersifat kreativitas. Dan adapun faktor pendukung komunikasi relawan dalam meningkatkan prestasi belajar anak diantaranya dengan merencanakan pembelajaran efektif, mengembangkan kemampuan dan keterampilan, memberikan motivasi selama proses pembelajaran dan memberikan penilaian terhadap prestasi belajar. Faktor penghambat komunikasi yaitu, hambatan fisik diantaranya lokasi yang berada di pinggiran kota, kondisi sarana dan prasarana yang minim dan kurangnya tenaga pengajar. Kata Kunci : Pola Komunikasi, Relawan Satu Amal Indonesia, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 04 Mar 2024 01:25
Last Modified: 04 Mar 2024 01:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35753

Actions (login required)

View Item View Item