KOSONGNYA KETERWAKILAN PEREMPUAN DALAM RANAH LEGISLATIF (STUDI DEWAN PIMPINAN WILAYAH PARTAI PKS SUMATERA SELATAN PADA PEMILU 2019)

Indriani, Novita Tri (2024) KOSONGNYA KETERWAKILAN PEREMPUAN DALAM RANAH LEGISLATIF (STUDI DEWAN PIMPINAN WILAYAH PARTAI PKS SUMATERA SELATAN PADA PEMILU 2019). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Novita Tri Indriani 2030702079.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Peraturan KPU (Komisi Pemilihan Umum) yang tegas mengenai 30% minimum perempuan dalam daftar calon legislatif dalam tiap partai. Kondisi di lapangan partisipasi perempuan dalam bidang politik masih rendah atau lemah. Secara kuantitatif masih sedikit sekali perempuan yang secara aktif terlibat dalam bidang politik. Partai politik merupakan ruang bagi kaum perempuan harus lebih responsif dalam meningkatkan keterwakilan perempuan di parlemen, sehingga tidak terjadi diskriminasi dalam proses pemilihan. Namun masih banyak parpol hal tersebut calon legislatif perempuan seringkali hanya dijadikan kuota pemilu saja. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data/subyek penelitian adalah pengurus partai PKS orang dan masyarakat, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sebab akibat yang terjadi dari kekosongan keterwakilan perempuan pada Anggota Legislatif dari Dewan Pimpinan Wilayah Partai PKS di Sumatera Selatan. Hasil penelitian adalah PKS menggunakan pola rekrutmen politik yang terbuka dimana dalam memilih calon anggota legislatif melalui yaitu melalui pemilihan umum internal kader dan pemilihan umum eksternal. Pemilihan umum secara internal, partai memilih bakal caleg yang berasal dari kader partai yang sudah memenuhi persyaratan partai PKS. Hasil penelitian juga menyebutkan sebab akibat dikarenakan sebab dan akibat masih kurangnya reprensentasi dari para kader perempuan yang meluas dari beberapa sebab-akibat tersebut. Di antaranya yaitu kurangnya partisipasi sosial, ekonomi, latar belakang pendidikan, peran media sosial, pengalaman organisasi politik perempuan, sehingga untuk kaum perempuan sulit menduduki dan mewakili suara dalam farmasi kursi DPRD Provinsi Sumatera Selatan. Kata Kunci: Keterwakilan Perempuan, Partai Politik, Rekrutmen Politik, Representasi Politik Perempuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 04 Mar 2024 01:26
Last Modified: 04 Mar 2024 01:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35776

Actions (login required)

View Item View Item