STRATEGI KOMUNIKASI TOKOH AGAMA DALAM MENINGKATKAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI DESA METRO REJO KECAMATAN BUAY MADANG TIMUR KABUPATEN OKU TIMUR

Prasitiya, Aning (2023) STRATEGI KOMUNIKASI TOKOH AGAMA DALAM MENINGKATKAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI DESA METRO REJO KECAMATAN BUAY MADANG TIMUR KABUPATEN OKU TIMUR. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (248kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (490kB)
[img] Slideshow
FULL BAB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Strategi Komunikasi Tokoh Agama Dalam Meningkatkan Kerukunan Umat Beragama di Desa Metro Rejo Kecamatan Buay Madang Timur Kabupaten Oku Timur.” Peneliti mencoba untuk mengungkapkan bagaimana Strategi Komunikasi tokoh agama dalam meningkatkan kerukunan umat beragama. Ada dua rumusan masalah yang diteliti. Pertama bagaimana strategi komunikasi tokoh agama dalam meningkatkan kerukunan umat beragama. Kedua bagaimana peran tokoh agama dalam meningkatkan kerukunan umat beragama. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah para tokoh agama muslim danhindu serta bapak kepala desa Metro Rejo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teori model komunikasi lima langkah. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa para tokoh agama telah menerapkan cara beradaptasi dan berinteraksi tanpa membedakan ras, suku maupun agama masyarakat. Peran yang dilakukan tokoh agama dalam meningkatakan kerukunan umat beragama dengan cara mengarahkan masing-masing jamaahnya untuk selalu mengingatkan kita kepada Tuhan yang maha esa, memberikan nasehat-nasehat serta melakukan aktivitas keagamaanya sesuai dengan keyakinan masing-masing serta harus saling menghargai dan menunjung tinggi nilai toleransi. Strategi komunikasi yang dilakukan para tokoh agama yaitu melakukan kegiatan secara bersama-sama seperti kegiatan membersihkan lingkungan desa, membuat sarana dan prasarana desa serta melakukan musyawarah untuk membuka ide-ide atau pikiran yang baru sehingga bila dilihat dari segi komunikasi antar umat beragama di desa Metro Rejo ini interaksi komunikasinya berhasil dengan baik. Hal ini terbukti dilihat dari masyarakatnya yang menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama dan selalu membantu sesama tanpa memandang status sosial baik itu dari ras, suku, agama dan budaya dari seseorang tersebut. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Tokoh Agama, Kerukunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Tokoh Agama, Kerukunan.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ANING PRASITIYA 2020501036
Date Deposited: 13 Mar 2024 01:31
Last Modified: 13 Mar 2024 01:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35934

Actions (login required)

View Item View Item