AHMAD FITRA, NIM. 13210013 (2018) PENGARUH TATA RUANG KELAS TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI SMP IT AR-RIDHO PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
AHMAD FITRA (13210013).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah hasil penelitian ini adalah bahwa masih ada sebagian tata ruang kelas yang kurang rapi, seperti temperatur ruangan kelas yang panas, sistem ventilasi dan tata cahaya yang tidak sesuai dengan ruang kelas, meja dan kursi yang kurang teratur, alat-alat pembelajaran yang kurang tertata dengan rapi sehingga dapat mempengaruhi efektivitas belajar siswa. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang Pengaruh Tata Ruang Kelas Terhadap Efektivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di SMP IT Ar-Ridho Palembang Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana tata ruang kelas di SMP IT Ar-Ridho Palembang? Bagaimana efektivitas belajar siswa pada mata pelajaran SKI di SMP IT Ar-Ridho Palembang? Apakah ada pengaruh yang signifikan antara tata ruang kelas terhadap efektivitas belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di SMP IT Ar-Ridho Palembang? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, yang terdiri dari lima bab. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tata ruang kelas di SMP IT Ar- Ridho Palembang (2) mengetahui efektivitas belajar siswa pada mata pelajaran SKI di SMP IT Ar-Ridho Palembang (3) mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara tata ruang kelas dengan efektivitas belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di SMP IT Ar-Ridho Palembang. Berdasarkan hasil penelitian,di dapat hasil tata ruang kelas di SMP IT Ar- Ridho Palembang masuk dalam kategori tinggi yaitu dengan persentase 60%. Efektivitas belajar siswa pada mata pelajaran SKI di SMP IT Ar-Ridho Palembang juga masuk dalam kategori tinggi yaitu dengan persentase 56,67%. Berdasarkan hasil analisis dengan mengunakan rumus uji t, menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang singnifikan antara tata ruang kelas dengan efektivitas belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di SMP IT Ar-Ridho Palembang. Hal ini dibuktikan dengan = 1,974 lebih besar dari pada pada taraf signifikansi 5% namun kurang signifikan pada taraf 1% (1,699 < 1,974 < 2,462), dengan demikian diterima dan ditolak. Maka hasil menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan antara tata ruang kelas dengan efektivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 11 Feb 2019 06:46 |
Last Modified: | 11 Feb 2019 06:46 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/3595 |
Actions (login required)
View Item |