HAK KETENAGAKERJAAN DALAM MEMPEROLEH JAMINAN SOSIAL KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PERSPEKTIF HUKUM ISLAM ( STUDI ANALISIS UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN)

Agustina, Dhita (2023) HAK KETENAGAKERJAAN DALAM MEMPEROLEH JAMINAN SOSIAL KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PERSPEKTIF HUKUM ISLAM ( STUDI ANALISIS UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Slideshow
skripsi dhita asli.pdf
Restricted to Registered users only until 30 November 2030.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul Hak Ketenagakerjaan Dalam memperoleh Jaminan Sosial Keselamatan dan Kesehatan Kerja Perspektif Hukum Islam Studi Analisis Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Dengan permasalahan Hak tenaga kerja dalam memperoleh jaminan sosial keselamatan dan kesehatan yang banyak terjadi pada kalangan pekerja. Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana hak ketenagakerjaan dalam memperoleh jaminan sosial keselamatan dan kesehatan kerja menurut Undang-undang Nomor 13 tahun 2003 dan Bagaimana Pandangan Hukum Islam terhadap jaminan sosial keselamatan dan kesehatan kerja. Pada Penelitian ini penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library research) yaitu penulis mengumpulkan data dari berbagai refrensi yang berkaitan dengan pokok permasalahan yang diteliti, yang menggunakan data primer yaitu Undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan dan buku-buku serta dokumen yang memiliki keterkaitan dengan topik bahasan, dan data sekunder seperti buku,jurnal,surat kabar,website dan lain-lain. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa Pandangan Hukum Islam terhadap hak pekerja seperti pekerja berhak atas memperoleh jaminan sosial yang berisi kecelakaan kerja, kematian, hari tua, dan pemeliharaan kesehatan, menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Maka telah sesuai dengan Hukum Islam karena Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 sudah terpenuhinya aturan Hukum Islam yakni al-dlaruhiyah (kebutuhan primer atau kebutuhan yang harus ada) dan maqashid syariah (memberikan kemaslahatan) yaitu menjaga jiwa, agama, akal, keturunan dan harta sehingga dapat terjamin keselamatan dunia dan akhirat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Hak Pekerja, Keselamatan dan Kesehatan, Ketenagakerjaan
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: Dhita Agustina -
Date Deposited: 13 Mar 2024 01:31
Last Modified: 13 Mar 2024 01:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35951

Actions (login required)

View Item View Item