UJI VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS XII SMA/MA PADA PEMBUATAN SAMPO ANTI KUTU RAMBUT (Pediculus humanus capitis) DARI EKSTRAK LIDAH BUAYA (Aloe vera)

Yuniarti, Niar (2023) UJI VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS XII SMA/MA PADA PEMBUATAN SAMPO ANTI KUTU RAMBUT (Pediculus humanus capitis) DARI EKSTRAK LIDAH BUAYA (Aloe vera). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk mempermudah siswa pada mata pelajaran Bioteknologi kelas XII SMA/MA dengan mengembangkan media infografis dalam memahami pembuatan sampo anti kutu rambut ekstrak lidah buaya (Aloe vera). Penggunaan media infografis merupakan salah satu cara yang dapat diwakili dengan visual yang grafis informasi, informasi yang disajikan bersifat kompleks dan dapat diterima dengan cepat dan jelas. Infografis merupakan media yang memadukan teks, desain dan warna yang menarik agar menjadi lebih interaktif, estetik, dan tidak membosankan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kevalidan pengembangan media infografis dan karakteristik sampo anti kutu rambut (Pediculus humanus capitis) dari ekstrak lidah buaya (Aloe vera). Metode yang dipakai adalah metode diskriptif kualitif yaitu analisis data yang diperoleh berupa kata-kata, gambar atau perilaku dengan memberikan paparan dalam bentuk uraian naratif. Adapun teknik pengumpulan sampel yang digunakan bersifat purposive sampling. Tahapan uji internal mencakup validasi ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara dan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi berupa angket dengan skala Likert yang digunakan untuk mengetahui apakah produk yang telah dirancang valid atau tidak. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa hasil rekapitulasi media pembelajaran infografis oleh para ahli dalam hal ini ahli uji validitas dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa menunjukkan bahwa media infografis memiliki tingkat validitas yang sangat tinggi. Dari ahli materi mencapai 91,11 %, ahli madia 96,25n dan ahli bahasa sebesar 93,33%, dengan rata-rata persentase mencapai 94,11%. Dengan pencapaian hasil yang sangat tinggi maka pengembangan media infografis pada mata pelajaran Bioteknologi Kelas XII SMA/MA dapat dikatagorikan Sangat Valid. Karakteristik sampo anti kutu rambut dari ekstrak lidah buaya (Aloe vera) yang dilakukan dengan standar SNI menghasilkan uji organoleptik memiliki tekstur cairan kental, berwarna bening kekuningan dan memiliki bau khas lidah buaya, dengan pH 7,7 - 7,57, tinggi busa 16,33 - 20,16 cm, memiliki homogenitas yang baik dengan nilai viskositas 2240,98 Cp -2978,90 Cp.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Infografis; Media Pembelajaran; Lidah Buaya
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
500 Sains dan Matematika > 570 Biologi, Ilmu Hayat
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: NIAR YUNIARTI 2030207089
Date Deposited: 13 Mar 2024 01:32
Last Modified: 13 Mar 2024 01:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35971

Actions (login required)

View Item View Item