TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP DISTRIBUSI UPAH ANGKUT BUAH DURIAN ( STUDI KASUS LAPAK BUAH DURIAN DI DESA NEGERI AGUNG KECAMATAN MERAPI BARAT KABUPATEN LAHAT )

Wiri Sugara, Sugara (2024) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP DISTRIBUSI UPAH ANGKUT BUAH DURIAN ( STUDI KASUS LAPAK BUAH DURIAN DI DESA NEGERI AGUNG KECAMATAN MERAPI BARAT KABUPATEN LAHAT ). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
skripsi wiri.pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi wiri.pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi wiri.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi berjudul Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Distribusi Upah Angkut Buah Durian di Lapak Durian Desa Negeri Agung Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat, berdasarkan problematika yang terjadi di dalam pendistribusian upah tukang angkut buah durian. Studi awal kasus ditemukan bahwa dalam pendistribusian upah tukang angkut buah durian terdapat kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh anak buah agen. Dimana upah yang diberikan agen berinflikasi adanya pengambilan hak yang dilakukan oleh anak buahnya sendiri. Adapun rumusan masalahnya 1. Bagaimana Mekanisme Distribusi Upah Angkut Buah Durian di Lapak Durian Desa Negeri Agung Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat? 2. Bagaimana Pandangan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Upah Angkut Buah Durian di Lapak Durian Desa Negeri Agung Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat? Metode penelitian yang digunakan adalah (field research) yaitu metode analisis lapangan, pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, populasi dan sampel. informan penelitian ini berjumlah 10 orang sedangkan populasi kesuluruhan berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kualitatif sedangkan pendekatannya menggunakan teknik analisis normatif melalui „urf, yakni teknik pendekatan secara adat budaya setempat maka dari itu diharapkan dengan pendekatan tersebut dapat menilai apakah pelaksanaan Distribusi Upah Angkut Buah Durian di Lapak Buah Durian Desa Negeri Agung Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat sudah sesuai dengan ketentuan dari akad ijarah. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Distribusi Upah Angkut Buah Durian di Lapak Buah Durian Desa Negeri Agung Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat menurut pandangan iv hukum ekonomi syariah tidak sesuai dengan prinsip-prinsip dari hukum ekonomi syariah, alasannya: pertama perjanjian yang dibuat tanpa ada dasar ke ridho‟an dari satu pihak, kedua kesepakatan yang dibuat bersifat memaksa dan menekan salah satu pihak. menurut ketentuan dari akad ijarah tidak terpenuhi syarat, alasannya pertama anak buah agen mengdoktrin seluruh tukang angkut buah durian supaya mengikuti arahannya. Kedua upah yang diberikan tergolong tidak sesuai karena tidak utuh pada saat di berikan oleh anak buah agen. Ketiga Mengacam dengan kata-kata “ kalo kalian sampai melapor ke bos hubungan keluarga selesai ” ujarnya. Kata Kunci: Hukum Ekonomi Syariah, Distribusi, Upah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Hukum Ekonomi Syariah, Distribusi, Upah
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: WIRI SUGARA 2010104015
Date Deposited: 14 Mar 2024 01:24
Last Modified: 14 Mar 2024 01:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36045

Actions (login required)

View Item View Item