TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA PASAL 1320 TENTANG AKAD BISNIS SEWA PACAR MELAUI SOSIAL MEDIA STUDI (SITUS SOMEBUDDY.ID)

Hermanto, Ahmad (2024) TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA PASAL 1320 TENTANG AKAD BISNIS SEWA PACAR MELAUI SOSIAL MEDIA STUDI (SITUS SOMEBUDDY.ID). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
SKRIPSI acc fiks 1_compressed-compressed.pdf

Download (494kB)

Abstract

KUHPerdata itu sendiri di buat pada zaman kolonial belanda tahun 1847, Dan masih berlaku hingga sekarang. Mungkin terdengar aneh di telinga kita karena peraturan yang sudah lama di buat bahkan peninggalan dari zaman penjajahan akan tetapi masih berlaku sampai saat ini, hal ini sesuai dengan Pasal II Aturan Peralihan Undang-undang Dasar, yang berbunyi: “segala Badan Negara dan Peraturan yang ada langsung masih berlaku, selama belum diadakan yang baru menurut Undang-undang Dasar ini.” Akan tetapi selama perkembangannya zaman dan pemerintah melakukan Revisi dari beberapa pasal yang ada contohnya seperti yang terdapat di dalam Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 . Pada penulisan skripsi ini penulis dalam hal ini menggunakan jenis penelitian library research, yang dimana dalam hal ini penulis memfokuskan kepada penelitian yang bersumberkan dari beberapa sumber dengan cara membaca buku buku atau dengan sumber data lainnyaWalaupun jasa bisnis sewa pacar pada situs somebuddy.id ini di bolehkan, sebaiknya masyarakat umum terutama bagi kaum muda-mudi untuk menghindari melakukan akad dari jasa sewa pacar tersebut. Karena sedikit saja anda melanggar peraturan yang ada di Indonesia maka hal tersebut bisa menjerat kita kepada hukum atau aturan yang berlaku di Indonesia. Misalnya dengan sengaja memanfaatkan talent untuk berbuat yang tidak senonoh, maka hal tersebut sudah melanggar Undang-undang pornografi dan bisa di pidanakan sesuai dengan pasal yang mengatur perbuatan tersebutSehingga dapat diambil kesimpulan bahwa perjanjian sewa menyewa pada situs somebuddy.id ditinjau dari pasal 1320 KUHPerdata adalah boleh dan sah selagi dalam kegiatan yang dilakukan tidak bertentangan dengan aturan yang terdapat dalam undangundang dan norma-norma yang berlaku di indonesia. Sedangkan situs somebuddy.id ini jika di tinjau dari sudut pandang hukum islam maka akad bisnis sewa pacar ini hukumnya haram karena tidak memiliki manfaat dan mengarah ke perbuatan yang di larang oleh Allah SWT,yaitu perbuatan zina. Maka bagi umat muslim sebaiknya bisnis tersebut di hindari karena banyak menimbulkan mudharat daripada manfaat. Kata kunci: Hukum Islam, KUHPerdata, Akad, Pacar, Somebuddy.id

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Depositing User: AHMAD HERMANTO 1930102065
Date Deposited: 15 Mar 2024 01:20
Last Modified: 15 Mar 2024 01:20
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36071

Actions (login required)

View Item View Item