PEMBINAAN KELUARGA SAKINAH PADA PASANGAN PRANIKAH DI KANTOR URUSAN AGAMA DI KECAMATAN PENDOPO KABUPATEN EMPAT LAWANG

EDRIAN JENIPUR, EDRIAN (2019) PEMBINAAN KELUARGA SAKINAH PADA PASANGAN PRANIKAH DI KANTOR URUSAN AGAMA DI KECAMATAN PENDOPO KABUPATEN EMPAT LAWANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text (Pembinaan Keluarga Sakinah pada pasangan Pranikah di Kantor Urusan Agama di Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang)
EDRIAN JENIPUR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang melatarbelakagi pentingnya pembinaan keluarga sakinah di KUA Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang serta Bagaimana pembinaan itu dilakukan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan atau subjek dalam penelitian ini yaitu kepala KUA dan satu badan penyuluh. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu teknik triangulasi, yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data dengan cara memanfaatkan sesuatu yang dari luar data untuk pengecekan data tersebut. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu latar belakang pembinaan keluarga sakinah antara lain sebagai garda terdepan Kementerian Agama RI, Kantor Urusan Agama (KUA) mempunyai suatu tugas dan fungsi untuk melaksanakan Sebagian tugas Kantor Kementerian Agama Kota/Kabupaten di bidang Urrusan Agama Islam da membantu pembangunan pemerintah umum di bidang keagamaan pada tingkat Kecamatan. Dan ada juga faktor yang mempengaruhi latar belakang pembinaan keluarga sakinah yaitu: Faktor Internal yang pertama mengatasi beban psikologi ayah dan ibu yang berat seperti tekanan (stress) di tempat kerja, kesulitan keuangan keluarga, dan kedua mengatasi konflik di keluarga dapat di atasi, ketiga mengatasi sikap egoistis dan kurang demokratis, keempat mengatasi kecurigaan suami/istri bahwa salah satu diantara mereka diduga berselingkuh. Dan ada juga Faktor eksternal antara lain yang pertama mengatasi campur tangan pihak ketiga dalam masalah keluarga, dan kedua mengatasi pergaulan yang negatif anggota keluarga, ketiga mengatasi kebiasaan negatif istri bergunjing dirumah orang lain atau di acara arisan dan kantor, keempat mengatasi kebiasaan berjudi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, keluarga Sakinah
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: EDRIAN JENIPUR 1920505012
Date Deposited: 15 Mar 2024 01:20
Last Modified: 15 Mar 2024 01:20
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36073

Actions (login required)

View Item View Item