TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PEMOTONGAN GAJI KARYAWAN UNTUK ZAKAT DI TOKO BUTIK ANDAMA 22 ILIR PALEMBANG (Studi Kasus Toko Butik Andama Kecamatan 22 ilir Palembang)

Husen, Abdul Sadam (2024) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PEMOTONGAN GAJI KARYAWAN UNTUK ZAKAT DI TOKO BUTIK ANDAMA 22 ILIR PALEMBANG (Studi Kasus Toko Butik Andama Kecamatan 22 ilir Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (108kB)
[img] Text
ABSTRAK b.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul Tinjauan Hukum Ekonomi syariah Terhadap Pemotongan Gaji Karyawan Untuk Zakat Di Toko Butik Andama 22 ilir Palembang. Zakat merupakan salah satu instrumen dalam mengentaskan kemiskinan karena masih banyak lagi sumber dana yang bisa dikumpulkan seperti infak, shodaqah, wakaf, wasiat, hibah serta sejenisnya. Sumber dana dana tersebut merupakan pranata keagamaan yang memiliki kaitan secara fungsional dengan upaya pemecahan masalah kemiskinan dan kepincangan sosial. Untuk itu di Toko Butik Andama menerapkan sistem pemotongan gaji karyawan yang mana gaji yang telah di potong itu dijadikan untuk dana zakat bagi para karyawan nya akan tetapi niat baik yang dilakukan oleh Owner Toko Butik tersebut masih belum selaras dengan ketentuan yang berlaku maka dari itu muncullah sebuah permasalahan. Dengan rumusan masalah 1) Bagaimana mekanisme pemotongan gaji karyawan di Toko Butik Andama di Toko Butik Andama 22 Ilir 2) Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Pemotongan Gaji karyawan di Toko Butik Andama 22 Ilir Palembang? Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Penelitian ini dari sifatnya termasuk deksriptif kualitatif, adapun metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan wawancara dan studi dokumentasi. Wawancara yang dilakukan kepada Owner Toko Butik, dan Pegawai dari Toko Butik Andama 22 Ilir Palembang untuk mendapatkan data-data dalam melakukan penelititan dan analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berpikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa yang dilakukan oleh Owner selaku pemilik Toko Butik Andama dalam menerapkan sistem pemotongan gaji untuk zakat bagi para karyawan nya terbilang belum sah untuk diterapkan karena belum memenuhi syarat yang telah di tentukan. Kata kunci: Zakat, Pemotongan Gaji, Toko Butik

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Zakat, Pemotongan Gaji, Toko Butik
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: ABDUL SADAM HUSEN 1930104154
Date Deposited: 18 Mar 2024 01:29
Last Modified: 18 Mar 2024 01:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36104

Actions (login required)

View Item View Item