Hubungan Teacher Support dengan Student Engagement pada Siswa Kelas IX di SMP Negeri 50 Palembang

Putri, Sheren Regina Kusuma (2024) Hubungan Teacher Support dengan Student Engagement pada Siswa Kelas IX di SMP Negeri 50 Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Skripsi Cetak Sheren Regina Kusuma Putri .pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara variabel Teacher Support dengan Student Engagement pada siswa kelas IX di SMP Negeri 50 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik analisis data yang dipakai ialah Pearson’s Product Moment dengan memanfaatkan bantuan SPSS 22.0 for windows. Pengambilan data penelitian menggunakan skala likert sebagai alat ukurnya. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 158 siswa kelas IX yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan pada variabel Teacher Support dengan Student Engagement, nilai signifikansi yang didapat sebesar 0,000 (P < 0,05) dan menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kedua variabel. Tidak hanya itu, besarnya nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,697 menandakan bahwa adanya korelasi yang kuat antara kedua variabel tersebut. Hal ini memberi kesimpulan bahwa semakin tinggi teacher support yang diterima siswa, maka akan semakin tinggi pula student engagement. Begitupun sebaliknya, semakin rendah teacher support yang diterima siswa, maka akan semakin rendah pula student engagement. Dengan demikian, hasil penelitian ini menujukkan bahwa terdapat hubungan antara Teacher Support dengan Student Engagement pada siswa kelas IX di SMP Negeri 50 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Psikologi > Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Psikologi > 73201 - Psikologi Islam
Depositing User: SHEREN REGINA KUSUMA PUTRI 2020901041
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:27
Last Modified: 19 Mar 2024 01:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36159

Actions (login required)

View Item View Item