TRADISI KHATAMAN AL QUR’AN DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN TAHFIIDZUL QUR'AN NURUL HIKMAH KAB.BANYUASIN, SUMSEL (STUDI LIVING QUR’AN)

Halisa, Fitrani (2023) TRADISI KHATAMAN AL QUR’AN DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN TAHFIIDZUL QUR'AN NURUL HIKMAH KAB.BANYUASIN, SUMSEL (STUDI LIVING QUR’AN). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
artikel fitrani (7).pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB)

Abstract

Penelitian ini mengambil tema “Tradisi Khataman Al Qur’an Di Pondok Pesantren Tahfiidzul Qur’an Nurul Hikmah Kab. Banyuasin, Sumsel (Studi Living Qur’an) penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena masyarakat yang mempunyai peranan penting pada kehidupan bermasyarakat dengan Al Qur’an.Penelitian dilakukan bertujuan mengetahui dasar khataman Al Qur’an di lingkungan pesantren, prosesi khataman, dan mengetahui resepsi masyarakat terhadap air khataman khataman Al Qur’an adapun manfaat dari penelitian ini adalah membantu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berinteraksi dengan Al Qur’an. Penelitian yang digunakan adalah Kualitatif deskriptif, kemudian dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode Living Qur’an dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, Wawancara, dan dokumentasi, serta teknik analisa data melalui beberapa langkah yaitu mengumpulkan data, menganalisis data, interpretasi hasil pengolahan data. Air khataman Al Qur’an ini dipercaya memiliki berkah dan manfaat yang lebih daripada air biasa yang tidak dibacakan Al Qur’an. Kepercayaan ini lazim di lingkungan pesantren yang percaya dengan adanya konsep berkah. Resepsi masyarakat di Pondok Pesantren Tahfiidzul Qur’an Nurul Hikmah Kab. Banyuasin, Sumsel terhadap tradisi khataman Al Qur’an disambut baik dan mendapat perhatian dimata masyarakat di lingkungan pesantren. Dalam meresepsi khasiat air khataman sangat dibutuhkan kepercayaan juga keyakinan bahwa Allah SWT akan memberikan kebarokan-Nya ke dalam air tersebut melalui ayat ayat yang dibacakan hingga khatam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76231 - Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (S1)
Depositing User: FITRANI HALISA 1930304057
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:28
Last Modified: 19 Mar 2024 01:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36166

Actions (login required)

View Item View Item