PELAKSANAAN HADHANAH PADA AMAR PUTUSAN CONDEMNATOIR EKSEKUSI HAK ASUH ANAK (Studi Putusan Nomor : 559/Pdt.G/2022/Pa.Pkb)

anwar, syaiful (2024) PELAKSANAAN HADHANAH PADA AMAR PUTUSAN CONDEMNATOIR EKSEKUSI HAK ASUH ANAK (Studi Putusan Nomor : 559/Pdt.G/2022/Pa.Pkb). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Slideshow
SYAIFUL ANWAR Repository.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB) | Request a copy

Abstract

Putusan condemnatoir dalam sengketa hak asuh anak adalah putusan yang diberikan oleh hakim yang bersifat menghukum terhadap salah satu pihak. Dalam konteks hak asuh anak, putusan condemnatoir berarti bahwa hak asuh anak diberikan secara eksklusif kepada salah satu orang tua. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menjelaskan Prosedur Putusan Condemnatoir Pada Sengketa Hak Asuh Anak Pada Putusan Nomor : 559/Pdt.G/2022/Pa.Pkb (2) Pertimbangan Hakim Dalam Sengketa Hak Asuh Anak Pada Putusan Condemnatoir Pada Putusan Nomor :559/Pdt.G/2022/Pa.Pkb. Jenis penelitian ini adalah yuridis normatif yaitu penelitian hukum kepustakaan. Dalam penelitian ini menggunakan bahan hukum primer, sekunder, dan tersier, lalu data yang ada nantinya di analisis dengan teknik deskriptif kualitatif, yang berarti di lakukan dengan cara menyajikan serta menjelaskan seluruh data yang di peroleh lalu hasilnya akan di paparkan dengan bentuk uraian bentuk secara struktur, kemudian berikutnya setelah itu di simpulkan secara deduktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Prosedur putusan condemnatoir pada sengketa hak asuh anak, seperti yang terjadi dalam Putusan Nomor: 559/Pdt.G/2022/Pa.Pkb adalah pengajuan gugatan, sidang pengadilan, pertimbangan hakim, penyampaian putusan, pelaksanaan putusan, biaya perkara (2) Hakim dalam putusannya didasarkan pada pertimbangan kepentingan terbaik anak, tanggung jawab orang tua, dan penilaian potensi yang lebih baik dari salah satu orang tua dalam merawat anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Putusan Condemnatoir, Hak Asuh Anak, Pertimbangan Hakim.
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: SYAIFUL ANWAR 1930101121
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:05
Last Modified: 20 Mar 2024 01:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36175

Actions (login required)

View Item View Item