PENERAPAN AKAD MUDHARABAH PADA PRODUK TAKAFUL DANA PENDIDIKAN (FULNADI) ASURANSI TAKAFUL KELUARGA CABANG PALEMBANG (Skripsi)

Agustina, Dewi Rosita (2016) PENERAPAN AKAD MUDHARABAH PADA PRODUK TAKAFUL DANA PENDIDIKAN (FULNADI) ASURANSI TAKAFUL KELUARGA CABANG PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Dewi Rosita Agustina_FebEkoIsl.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Asuransi Takaful di Indonesia baru munculpada tahun 1994. Seiring dengan diresmikannya PT. Syarikat TakafulIndonesia yang kemudian mendirikan dua anak perusahaan salah satunya PT.Asuransi Takaful Keluarga yang diresmikan pada tanggal 25 Agustus 1994. Izin operasional asuransi ini diperoleh dariDepartemen Kauangan melalui surat Keputusan Nomor : Kep.385/KNK.017/ 1994 tertanggal 4 Agustus 1994. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Palembang Dalam penerapan mudharabah sendiri Pembagian keuntungan perusahaan diperoleh dari keuntungan peserta yang dikembangkan dengan prinsip mudharabah dimana perusahaan sebagai mudharib dan peserta asuransi sebagai shohibul maal. Dari akad mudharabah itu dapat diperoleh keuntungan yang dari pengembangan dana itu dibagikan antara peserta dan perusahaan asuransi dengan ketentuan nisbah yang telah disepakati bersama. Penelitian ini dilaksanakan di Asuransi Takaful Keluarga Cabang Palembang, Jalan Musi Raya Utara No. 536 Rt. 022 Rw. 005 Kel. Sialang Palembang. Jenis penelitian ini merupakan dengan pendekatan normative dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokementasi. Data – data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Dalam Penerapannya sistem akad mudharabah sesuai dengan ketentuan perusahaan yang tergantung dari besarnya dana tabungan yang disetorkan dan jangka waktu penyimpanan.Pada produk Takaful Dana Pendidikan (Fulnadi) asuransi Takaful Cabang Palembang seperti halnya dalam kasus terjadinya keuntungan, pemegang polis akan mendapatkan mudharabah sesuai dengan rasio kesepakatan diawal.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Akad Mudharabah, Fulnadi, Asuransi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 27 Apr 2016 07:58
Last Modified: 27 Apr 2016 07:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/362

Actions (login required)

View Item View Item