PENJUALAN TIKET MELEBIHI KAPASITAS TEMPAT DUDUK DALAM TINJAUAN HUKUM EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS KONSER MUSIK FIND ME FESTIVAL DI PALEMBANG SPORT AND CONVENTION CENTER)

Cantika, Fina Tridhea (2024) PENJUALAN TIKET MELEBIHI KAPASITAS TEMPAT DUDUK DALAM TINJAUAN HUKUM EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS KONSER MUSIK FIND ME FESTIVAL DI PALEMBANG SPORT AND CONVENTION CENTER). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
FINA TRIDHEA CANTIKA 1930104238 HES.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB) | Request a copy

Abstract

Konser adalah sebuah pertunjukkan langsung yang memainkan berbagai alat musik, dan sesuatu yang dipertontonkan langsung dihadapan banyak orang. Konser musik merupakan salah satu bentuk hiburan bagi penontonnya atau di kalangan para milenial, karena dengan konser musik ini penonton atau penggemar penyanyi baik band ataupun lokal dan internasional dapat menyaksikan idola favorit. Konser Musik Find Me Festival ini diselenggarakan oleh Kaloborasi Team Endless Creative Production dan Mahasiswa BEM FISIP Universitas Sriwijaya Palembang yang diadakan di Palembang Sport & Convention Center. Rumusan masalah tentang Bagaimana Praktik Penjualan Tiket dengan Kapasitas Tempat Duduk pada Konser Find Me Festival di Palembang Sport & Convention Center dan Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah tentang Praktik Penjualan Tiket dengan Ketidaksesuaian Kapasitas Tempat Duduk pada Konser Find Me Festival di Palembang Sport & Convention Center. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian empiris (field research) atau penelitian lapangan serta menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder yaitu data primer yang diperoleh dari sumber utama dan data sekunder ialah data yang digunakan untuk mendukung informasi yang telah kita peroleh yaitu berupa data utama, seperti sumber pustaka, buku, dan penelitian terdahulu, yang menjadi sumber bahan pendukung dan melengkapi data nantinya memakai teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa praktik penjualan tiket konser terhadap kapasitas tempat duduk di Pscc terdapat ketidaksesuaian kapasitas dengan jumlah penjualan tiket karena memakai system siapa cepat dia dapat dan ada oknum yang masuk tanpa mempunyai tiket terjadila over capacity. Dalam tinjauan hukum ekonomi syariah jual beli tiket konser yang lebih kapasitas tempat duduk di PSCC ini tidak sah hukumnya dan dilarang dalam Islam karena mengandung unsur ketidakadilan antar orang yang satu dengan yang lainnya dan dapat merugikan salah satu pihak. Keyword : Tiket, Konser Find Me Festival, Jual Beli

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Keyword : Tiket, Konser Find Me Festival, Jual Beli
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: FINA TRIDHEA CANTIKA 1930104238
Date Deposited: 21 Mar 2024 01:34
Last Modified: 21 Mar 2024 01:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36244

Actions (login required)

View Item View Item