PENGUATAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 PALEMBANG

Khatami, Abdul Hamid (2023) PENGUATAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 PALEMBANG. PENGUATAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 PALEMBANG. pp. 1-75. (Unpublished)

[img] Text
SKRIPSI ABDUL HAMID KHATAMI (1930202265).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena pada pengamatan awal di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Palembang, terdapat permasalahan mengenai penguatan karakter tanggung jawab peserta didik melalui metode pemberian tugas di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Palembang. Adapun permasalahannya yaitu kurangnya rasa tanggung jawab peserta didik, kurangnya motivasi peserta didik terhadap rasa tanggung jawab, dan kurangnya pembelajaran peserta didik mengenai rasa tanggung jawab. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan guna mengetahui penguatan karakter tanggung jawab peserta didik melalui metode pemberian tugas di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif. Dimana data primer dan sekunder diperoleh dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti mewawancarai kepala madrasah, waka kurikulum, guru mata pelajaran fiqih, dan peserta didik. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penguatan karakter tanggung jawab peserta didik melalui metode pemberian tugas di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Palembang sudah diterapkan dengan cukup baik tetapi kurang maksimal karena terkendala oleh salah satu dua orang peserta didik. Bentuk penguatan karakter tanggung jawab peserta didik melalui metode pemberian tugas yang dilakukan yaitu dengan mengerjakan tugas. Faktor pendukung dalam penguatan karakter tanggung jawab peserta didik melalui metode pemberian tugas ini yaitu sarana dan prasarana yang cukup dan memadai, dan guru yang selalu mendukung dan mengsuport segala kegiatan yang ada, keluarga dan linkungan, sedangkan faktor penghambat yaitu kondisi peserta didik, guru tidak tepat sasaran dalam perencanaan, peserta didik sulit membagi waktu untuk mengerjakan tugas sekolah ataupun tugas rumah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penguatan, karakter tanggung jawab, metode pemberian tugas
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: ABDUL HAMID KHATAMI 1930202265
Date Deposited: 21 Mar 2024 01:35
Last Modified: 21 Mar 2024 01:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36259

Actions (login required)

View Item View Item