Hubungan Fenomena Psychic Numbing dengan Adversity Quotient Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi Prodi Pendidikan Agama Islam

Gustiani, Welly (2023) Hubungan Fenomena Psychic Numbing dengan Adversity Quotient Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi Prodi Pendidikan Agama Islam. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Coverr new.pdf

Download (163kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB 1-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Hubungan Fenomena Psychic Numbing Dengan Adversity Quotient Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi Prodi Pendidikan Agama Islam” Dengan adanya kecerdasan adversity quotient merupakan bentuk nyata dari sikap tawakal yang dapat menjadi solusi dari problem pychic numbing. Dan jika adanya rasa ketenangan dan tidak putus asa akan membuat mahasiswa mengatasi rasa tertekan pada saat mengerjakan skripsi. Adapun tujuan pada penelitian ini yaitu apakah ada hubungan fenomena psychic numbing dengan adversity quotient mahasiswa yang sedang menyusun skripsi prodi pendidikan agama islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 341 mahasiswa dan sampel yang diambil secara acak berjumlah 77 responden. Metode pengambilan data menggunakan skala likert. Pengumpulan data melalui penyebaran angket. Teknik analisis data menggunakan bantuan program Statistical Program For Social Science (SPSS) versi 25.0. Pada item-item alat ukur menggunakan pengembangan skala tawakal menurut teori Ibnu Qayyim dan pengembangan skala adversity quotient menggunakan teori Paul G. Stoltz Uji hipotesis dilakukan menggunakan korelasi product momen. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa nilai uji hipotesis menunjukan hasil r = 0,692 dengan koefisien korelasi tergolong kuat dan signifikansi p = 0,000 (p < 0,05) ini berarti hipotesis yang diajukan terbukti ada hubungan positif, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi sikap tawakal pada individu, maka semakin tinggi tingkatan adversity quotient pada mahasiwa prodi Pendidikan Agama Islam UIN Raden Fatah Palembang. Kata kunci: Psychic Numbing, Adversity Quotient, Mahasiswa tingkat Akhir.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tasawuf dan Psikoterapi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: WELLY GUSTIANI 1930305014
Date Deposited: 25 Mar 2024 01:32
Last Modified: 25 Mar 2024 01:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36297

Actions (login required)

View Item View Item