Efriani, Heni (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran yang disampaikan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Palembang lebih banyak menggunakan metode ceramah sehingga siswa merasa bosan dan mengalami kejenuhan dalam proses belajar yang mengakibatkan hasil belajar tersebut kurang maksimal. Jadi untuk menghilangkan hal-hal yang belum maksimal tersebut, guru hendaknya dapat memilih metode dan model pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk berpikir dan bekerja sama dalam kelompok sehingga mereka bisa aktif dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hasil penerapan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Palembang, dan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X materi Dakwah Islam Periode Madinah di SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian true experiment design. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua murid kelas X SMK Muhammadiyah 1 Palembang 223 orang siswa dengan sampel 87 orang siswa dari dua kelas yaitu X TKJ 1 sebagai kelas kontrol dan X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen. Sedangkan alat pengumpul datanya adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Rumus untuk analisis data memakai “t” atau to dalam keadaan dua sampel yang kita teliti merupakan sampel besar (N lebih dari 30). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penerapan tanpa menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dan dengan menggunakan model pembelajran Kooperatif tipe STAD tergolong sedang. Penerapan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X materi Dakwah Islam Periode Madinah di SMK Muhammadiyah 1 Palembang, terlihat secara signifikan meningkat atau lebih baik dibanding dengan tanpa menggununakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Hal ini terlihat dari mean (rata-rata) hasil posttest sebesar 18,82 dan selisih pencapaian KKM sebasar 61,76 % yang diperoleh dari nilai keseluruhan siswa, serta perbedaan to yang lebih besar dari pada tt pada taraf signifikan 5% yakni 2,02 > 1,99.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Student Team Achievement Division (STAD), hasil penerapan, pembelajaran Kooperatif. |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Apr 2016 08:10 |
Last Modified: | 27 Apr 2016 08:10 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/363 |
Actions (login required)
View Item |