PENGARUH EKSTRAK JAMUR ENDOFIT Aspergillus niger ISOLAT DARI BONGGOL NANAS (Ananas comosus (L.) Merr) TERHADAP HISTOLOGI TESTIS MENCIT (Mus musculus L.) YANG DI INDUKSI BAKTERI Staphylococcus aureus

Apriyani, Helda (2023) PENGARUH EKSTRAK JAMUR ENDOFIT Aspergillus niger ISOLAT DARI BONGGOL NANAS (Ananas comosus (L.) Merr) TERHADAP HISTOLOGI TESTIS MENCIT (Mus musculus L.) YANG DI INDUKSI BAKTERI Staphylococcus aureus. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (19kB)

Abstract

Nanas adalah tanaman buah dengan nama latin Ananas comosus ini banyak ditumbuh di negara tropis seperti indonesia. tanaman nanas (Ananas comosus L.) diketahui memiliki aktivitas sebagai antikanker, anti diare, anti bakteri, anti inflamasi dan antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan dosis optimum ekstrak jamur endofit Aspergillus niger yang diisolasi dari bonggol nanas (Ananas comosus L.) terhadap histologi testis mencit (Mus musculus) yang di induksi oleh bakteri Staphylococcus aureus. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL), total mencit 24 ekor dibagi menjadi 6 kelompok yaitu K-Normal (tanpa ekstrak dan bakteri), K-Positif (Stimuno 50mg/kgbb), K-Negatif (Aquades), P1 (10mg/kgbb), P2 (50mg/kgbb), P3 (100mg/kgbb). Data dari hasil pengamatan dianalisis dengan uji One Way Anova apabila signitifikan (< 0,05) dilanjutkan dengan uji Duncan Multiple Range Test menggunakan taraf 5%. Hasil analisis pada diameter tubulus seminiferus dan tebal epitel germinal menunjukkan nilai signifikan (p<0,05). Dapat disimpulkan bahwa ekstrak jamur endofit Aspergillus niger isolat dari bonggol memberikan pengaruh terhadap diameter tubulus seminiferus dan ketebalan epitel germinal pada dosis optimum yaitu 100mg/kgbb yang menunjukkan rata-rata paling baik dalam menghambat penyebaran bakteri Staphylococcus aureus. Hal ini disebabkan karena ekstrak jamur endofit Aspergillus niger yang diisolasi dari bonggol nanas mengandung senyawa metabolit sekunder yang mempunyai aktivitas antibakteri dalam menghambat dan membunuh bakteri Staphylococcus aureus.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Antibakteri, Aspergillus niger, Ekstrak Bonggol Nanas (Ananas comusus L.) Merr), Staphylococcus aureus, Testis Mencit (Mus musculus L.)
Subjects: 600 Teknologi > Kedokteran (umum)
Sains dan Teknologi > Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 46201 - Biologi
Depositing User: HELDA APRIYANI 2030801063
Date Deposited: 25 Mar 2024 01:32
Last Modified: 25 Mar 2024 01:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36307

Actions (login required)

View Item View Item