Pengembangan Ekonomi Umat Melalui Program Pemberdayaan Pondok Pesantren (Studi Pondok Pesantren Qodratullah Desa Langkan Kec. Banyuasin III Kab. Banyuasin)

Pria, Mitra (2023) Pengembangan Ekonomi Umat Melalui Program Pemberdayaan Pondok Pesantren (Studi Pondok Pesantren Qodratullah Desa Langkan Kec. Banyuasin III Kab. Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Cover depan .pdf

Download (87kB)
[img] Text
Abstrak (2).pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I (3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
BAB II (6).pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB)
[img] Text
BAB III (3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
01BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
11DAFTAR PUSTAK01.pdf

Download (268kB)

Abstract

ABSTRAK Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang berkembang di tengah masyarakat. Pengembangan ekonomi umat melalui program pemberdayaan pondok pesantren dilakukan untuk mewujudkan dan meningkatkan sumberdaya manusia yang mampu bersaing dalam bidang ekonomi serta masyarakat yang mampu memenuhi kebutuhannya. penelitian ini bertujuan untuk menggali potensi pengembangan ekonomi umat melalui program pemberdayaan pondok pesantren, dengan fokus pada studi Pondok Pesantren Qodratullah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, yang melibatkan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pemberdayaan di pondok pesantren dapat berperan penting dalam meningkatkan sumber daya manusia serta kesejahteraan umat melalui pelatihan, pendampingan, dan pemanfaatan sumber daya lokal. Bentuk pemberdayaan Dampak dari kerja sama Temuan ini memberikan wawasan penting tentang kontribusi pondok pesantren dalam pengembangan ekonomi umat dan dapat menjadi dasar untuk perencanaan kebijakan yang lebih efektif di masa depan. Saran pada penelitian ini, diharapkan kepada Pondok Pesantren Qodratullah untuk memperluas kerjasama masyarakat dan mengembangkan jenis-jenis unit usaha ekonomi yang baru untuk menambah lapangan pekerjaan demi terlibatnya masyarakat baru menjalin kerjasama ekonomi untuk tercapainya kesejahteraan ekonomi. Di samping itu sebagai peneliti saya juga menyarankan kepada pihak pesantren untuk mengasah kemampuan santri-santri lewat kerajinan tangan seperti kopiah rajut, pembuatan hijab dan cadar dan kaligrafi untuk diperjualbelikan kepada masyarakat setempat agar ekonomi santri-santri di pesantren sejahtera. Kata Kunci: pengembangan, ekonomi, pemberdayaan, pondok pesantren

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: PRIA MITRA 1910602013
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:09
Last Modified: 27 Mar 2024 02:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36380

Actions (login required)

View Item View Item