PERAN POLRES BANYUASIN DALAM PENANGGULANGAN TERHADAP TINDAK PIDANA PEMALSUAN BIBIT KELAPA SAWIT (KECAMATAN SEMBAWA KEBUPATEN BANYUASIN)

wijaya, angga (2024) PERAN POLRES BANYUASIN DALAM PENANGGULANGAN TERHADAP TINDAK PIDANA PEMALSUAN BIBIT KELAPA SAWIT (KECAMATAN SEMBAWA KEBUPATEN BANYUASIN). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Syari'ah dan Hukum.

[img] Text
BAB 1 ..docx
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (33kB)

Abstract

Pemalsuan Bibit Kelapa Sawit merupakan salah satu tindak pidana yang belum diatur secara ekspilsit dalam sistem hukum di Indonesia. Masalah pemalsuan Bibit Kelapa Sawit ini secara nash belum ada ketentuannya didalam hukum Islam, Sehingga menjadi hal yang menarik untuk diteliti Penulis mengambil Judul PERAN POLRES BANYUASIN DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PEMALSUAN BIBIT KELAPA SAWIT (KECAMATAN SEMBAWA KABUPATEN BANYUASIN) dengan bahasan peneliti dalam skripsi ini adalah membahas mengenai Peran Polres Kabupaten Banyuasin dalam Menangulangi Tindak Pidana Pemalsuan Bibit Kelapa Sawit. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Lapangan (field research) dan dibahas dengan cara mengambil sumber data yang mendukung untuk pembahasan penelitian skripsi ini. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis data Kepustakaan dan Penelitian lapangan. Rumusan masalah dari penelitian ini Bagaimana Peran Polres Kabupaten Banyuasin Terhadap Pelaku Tindak Pidana Pemalsuan Bibit Kelapa Sawit (Kecamatan Sembawa Kabupaten Banyuasin) dan Bagaimana Perspektif Hukum Pidana Islam Terhadap Pelaku Tindak Pidana Pemalsuan Bibit Kelapa Sawit (Kecamatan Sembawa Kabupaten Banyuasin). Kesimpulan Penulis dalam Penelitian adalah Peran Polres Kabupaten Banyuasin ialah memberikan sanksi sesuai pada Pasal 60 Undang-undang Nomor 12 Tahun 1992 Tentang Sistem Bududaya tanaman terhadap Pelaku Tindak Pidana Pemalsuan Bibit Kelapa Sawit. Hukum Pidana Islam tidak ada secara Jelas mengatur Pemalsuan Bibit Kelap Sawit tetapi bisa kiaskan seperti pemalsuan Tanda Tangan dan Stempel Bait al-Maal, maka tindak pidana pemalsuan Bibit Kelapa Sawit bisa digolongkan kedalam jarimah ta‘zīr yang diberikan kepada pelaku tindak pidana Pemalsuan Bibit Kelapa Sawit adalah berbentuk hukuman ta‘zīr berupa hukuman jilid dan pengasingan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: ANGGA WIJAYA 1730103101
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:10
Last Modified: 27 Mar 2024 02:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36409

Actions (login required)

View Item View Item