AKTIVITAS DAKWAH MELALUI METODE CAWISAN DI MAJELIS INAAYATUL QUBRO DESA TELUK KECAPI KECAMATAN PEMULUTAN KABUPATEN OGAN ILIR

Rizky Dermawan, Rizky (2024) AKTIVITAS DAKWAH MELALUI METODE CAWISAN DI MAJELIS INAAYATUL QUBRO DESA TELUK KECAPI KECAMATAN PEMULUTAN KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Cover Rizky.pdf

Download (75kB)
[img] Text
Abstrak Rizky.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Bab 1 Rizky.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 2 Rizky.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3 Rizky.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4 Rizky.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5 Rizky.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka Rizky.pdf

Download (256kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Aktivitas Dakwah Melalui Metode Cawisan Di Majelis Inaayatul Qubro Desa Teluk Kecapi Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir”. Dakwah merupakan salah satu aspek penting dalam agama Islam yang bertujuan untuk menyebarkan ajaran agama kepada masyarakat luas. Dalam konteks masyarakat modern yang semakin kompleks, tantangan yang dihadapi dalam menyebarkan pesan dakwah semakin beragam. Oleh karena itu, metode dakwah yang efektif sangat diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satu metode dakwah yang telah digunakan di Majelis Inaayatul Qubro adalah metode Cawisan. Cawisan adalah suatu tempat Bersiap untuk mendengarkan pengajian atau ceramah agama yang disampaikan oleh para Ulama atau Ustadz (guru) memberikan penjelasan masalah keagamaan sementara jamaah mendengar dan berlanjut dengan tanya jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas dakwah melalui metode cawisan dimajelis Inaayatul Qubro Desa Teluk Kecapi Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir dan Faktor Pendukung dan penghambat. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini mengunakan teori komunikasi dakwah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah mengikuti cawisan jamaah mulai mengerti manfaat mempelajari ajaran Islam tidak hanya paham akan tetapi dapat mengamalkan kegiatan positif dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat serta menunjukkan perubahan menuju yang lebih baik lagi sesuai dengan diajarkan oleh Habib, serta perubahan perilaku dan pola pikir, ini dibuktikan dengan semakin bertambahnya anggota cawisan, dan mereka mau mengikuti di setiap pertemuannya. Metode cawisan, yaitu pengajaran Islam yang disampaikan di dalam masjid. Materi yang disampaikan sudah tersusun secara sistematis dan berkesinambungan dari satu materi ke materi berikutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Dakwah, Metode Cawisan, Majelis Inaayatul Qubro
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: RIZKY DERMAWAN 2030501140
Date Deposited: 22 Apr 2024 01:42
Last Modified: 22 Apr 2024 01:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36728

Actions (login required)

View Item View Item