PENGARUH FAKTOR PRIBADI DAN PENGETAHUAN TENTANG PRODUK TABUNGAN ROFIQOH TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DI BANK SUMSEL BABEL SYARIAH KANTOR CABANG PALEMBANG

Pahlevi, Fajar (2024) PENGARUH FAKTOR PRIBADI DAN PENGETAHUAN TENTANG PRODUK TABUNGAN ROFIQOH TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DI BANK SUMSEL BABEL SYARIAH KANTOR CABANG PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img] Slideshow
Bab 1-5 Fajar Pahlevi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan peneliti dalam melakukan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari variabel tidak terikat yang meliputi faktor pribadi dan pengetahuan tentang produk tabungan rofiqoh terhadap variabel terikat yakni keputusan nasabah menabung di Bank Sumsel Babel Syariah KC Palembang. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitaf melalui pendekatan asosiatif kemudian analisa data dibantu dengan program analisis data yaitu IBM SPSS Statistic Versi 26. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner yang diberikan langsung kepada responden secara tertulis dalam skala likert. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 responden yang merupakan nasabah tabungan rofiqoh di Bank Sumsel Babel Syariah KC Palembang. Prosedur analisis data dalam penelitian ini memuat Uji Asumsi Klasik (normalitas, multikolinearitas, heteroskedastistas dan linearitas), Analisa Regresi Berganda dan Uji Hipotesis (parsial dan simultan) dan Koefisien determinasi R2 . Berdasarkan hasil keluaran analisa data yang dihasilkan dalam penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial variabel X1 yakni faktor pribadi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Sumsel Babel Syariah KC Palembang, hal ini dikarenakan diperolehnya nilai t hitung < t tabel (1.857 < 2.002) kemudian diperoleh nilai signifikan 0.069 > 0.05, namun hal ini berbeda terhadap variabel X2 yakni pengetahuan tentang produk tabungan rofiqoh secara parsial membuktikan bahwa mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Sumsel Babel Syariah KC Palembang, dengan diperoleh hasil nilai t hitung > t tabel (4.879 > 2.002) dan nilai signifikan sebesar 0.00 < 0.05. Secara simultan faktor pribadi dan pengetahuan tentang produk tabungan rofiqoh berdampak signifikan terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Sumsel Babel Syariah KC Palembang, diperoleh hasil nilai f hitung > f tabel (13.840 > 3.16) dan diperoleh nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: FAJAR PAHLEVI 2030603166
Date Deposited: 23 Apr 2024 01:38
Last Modified: 23 Apr 2024 01:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36773

Actions (login required)

View Item View Item