Uji Validitas Media Pembelajaran Infografis Pada Materi Bioteknologi Kelas XII SMA/MA Dalam Pembuatan Sampo Anti Kutu Rambut (Pediculus humanus capitis) Dari Ekstrak Daun Alpukat (Persea americana)

Purnama, Sri Widari (2023) Uji Validitas Media Pembelajaran Infografis Pada Materi Bioteknologi Kelas XII SMA/MA Dalam Pembuatan Sampo Anti Kutu Rambut (Pediculus humanus capitis) Dari Ekstrak Daun Alpukat (Persea americana). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Cover Sri Widari.pdf

Download (176kB)
[img] Text
Abstrak Sri Widari.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB I Sri Widari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II Sri Widari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Sri Widari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Sri Widari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Sri widari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka Sri Widari.pdf

Download (120kB)

Abstract

Materi bioteknologi tergolong materi yang dianggap sulit, karena pada materi tersebut memiliki cangkupan materi yang sangat luas dan kompleks. Penerapan bioteknologi konvensional dibidang kesehatan berupa pembuatan sampo anti kutu rambut dari ekstrak daun alpukat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media infografis pada materi bioteknologi kelas XII SMA/MA yang valid, serta mengetahui karakteristik sampo anti kutu rambut (Pediculus humanus capitis) dari ekstrak daun alpukat (Persea americana). Populasi penelitian ini yaitu seluruh daun alpukat yang disediakan. Sampel yang digunakan adalah daun alpukat yang sudah tua kedudukan daun 4,5,6 karena banyak mengandung senyawa kimia sebagai insektisida alami. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan skala Likert. Jenis data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kualitatif, namun dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil rekapitulasi media pembelajaran infografis diperoleh ahli media 93,75%, ahli materi 91,11%, ahli bahasa 93,33% dengan rata-rata 92,94% kategori sangat valid, maka media infografis sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Karakteristik sampo anti kutu rambut dari ekstrak daun alpukat dengan konsentrasi 5%, 7%, 9% berdasarkan hasil uji organoleptik memiliki bau khas daun alpukat, tekstur cairan kental , memiliki warna cokelat kehitaman, memiliki pH 7, tinggi busa berkisar antara 13-20 cm, viskositas berkisar antara 909, 29-3051,48 cp memunuhi standar fisik sampo. Sementara untuk hasil uji homogenitas tidak homogen dikarenakan tidak tercampur dengan rata serta adanya endapan. Sampo dengan konsentrasi 7% adalah sampo yang baik untuk digunakan dan memenuhi SNI No. 92692-1192.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bioteknologi, Media Infografis, Ekstrak Daun Apukat (Persea americana), Sampo Anti Kutu Rambut (Pediculus humanus capitis)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: SRI WIDARI PURNAMA 2010207015
Date Deposited: 24 Apr 2024 01:30
Last Modified: 24 Apr 2024 01:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36798

Actions (login required)

View Item View Item