PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK BERBASIS AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BERBUSANA MUSLIMAH PADA MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG

Mayasari, Jujur (2023) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK BERBASIS AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BERBUSANA MUSLIMAH PADA MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Cover Skripsi Jujur Mayasari.pdf

Download (279kB)
[img] Text
Abstrak Jujur Mayasari.pdf

Download (254kB)
[img] Text
Bab 1-5 Jujur Mayasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka Jujur Mayasari.pdf

Download (380kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh layanan konseling kelompok berbasis Al-Qur’an dalam meningkatkan kedisiplinan berbusana muslimah pada mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini penting untuk dilaksanakan karena dengan kedisiplinan berbusana muslimah kita dapat terhindar dari terancamnya tindak kejahatan dan kita akan lebih terasa dekat dengan Allah SWT sebab senantiasa mengenakan busana takwa yang Allah SWT perintahkan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Subjek penelitian ini berjumlah 8 orang yang di ambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisi data pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil pada penelitian ini menunjukkan dimana sebelum dilakukan layanan konseling kelompok memperoleh nilai mean 27.270 kemudian setelah diberikan layanan konseling berbasis Al-Quran memperoleh nilai mean 45.875, dengan hasil tersebut menunjukkan sebelum dilakukan konseling kedisiplinan berbusana muslimah sedang, sedangkan setelah dilaksanakan konseling kedisiplinan berbusana muslimah menjadi tinggi dengan nilai selisih kenaikan dengan mean 18.625. Pengaruh konseling kelompok berbasisi Al-Qur’an terhadap peningkatan kedisiplinan dibuktikan dengan hasil Uji-t, dengan hasil sig. (2-tailed) dengan skor 000 yang dimana nilai .000 < 0,05. Selain itu jika thitung dibandingkan dengan ttabel, thitung memiliki nilai yang lebih tinggi. Perbandingan keduanya yaitu nilai thitung > ttabel (12.948 > 2.365). Sehingga dapat disimpukan layanan konseling kelompok berbasis Al-Qur’an berpengaruh untuk meningkatkan kedisiplinan berbusana muslimah pada mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Kata Kunci : Konseling Kelompok, Al-Qur’an, Kedisiplinan Berbusana Muslimah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Al-Qur’an, Kedisiplinan Berbusana Muslimah.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: JUJUR MAYASARI 2020502031
Date Deposited: 25 Apr 2024 01:48
Last Modified: 25 Apr 2024 01:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36829

Actions (login required)

View Item View Item