PRAKTIK PEMBAGIAN HASIL ANTARA PEMILIK LAHAN DAN PETANI KARET DALAM PERSPEKTIF ‘URF (Studi Kasus : Di Desa Betung 1 Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir)

YENSI, Sindy Fitri (2024) PRAKTIK PEMBAGIAN HASIL ANTARA PEMILIK LAHAN DAN PETANI KARET DALAM PERSPEKTIF ‘URF (Studi Kasus : Di Desa Betung 1 Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BISMILLAH SKRIPSI SINDY FITRI YENSI 2030104229.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Praktik Pembagian Hasil Antara Pemilik Lahan dan Peteni Karet Dalam Perspektif 'Urf Di Desa Betung 1 Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir. Adapun alasan memilih judul tersebut karena di Desa Betung 1 mayoritas masyarakatnya bermata pencarian sebagai petani salah satunya sebagai penyadap karet dan sistem yang digunakan bagi hasil berdasar pada kejujuran dan kepercayaan antara pemilik lahan dan petani karet, dengan sistem tersebut Apakah pernah terjadi perselisihan antara kedua belah pihak sehingga menimbulkan konflik dalam sistem tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : pertama, Apa faktor yang membuat munculnya praktik pembagian hasil antara pemilik lahan dan petani karet di Desa Betung?; kedua, Bagaimana Praktik pembagian hasil antara pemilik lahan dengan petani karet daam perspektif 'Urf ?. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan langsung di lapangan. Jenis data yang digunakan ialah jenis kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian: pertama, awal mulanya terjadi pembagian hasil di Desa Betung 1 Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir petani karet mendatangi langsung pemilik lahan karena faktor ekonomi, dengan menggunakan sistem bagi hasil antara pemilik lahan dan petani karet (penyadap). Sistem bagi hasilnya sama rata. Perjanjian dilaksanakan secara lisan dan tidak adanya saksi pada saat perjanjian dilakukan. Sistem bagi hasil tersebut didasari dengan kepercayaan dan kejujurkan antara pemilik lahan dan petani karet yang diterapkan di masyarakat. Dari sistem tersebut pernah terjadi perselisihan karena pada saat penimbangan getah karet penyadap melakukan kecurangan yakni dengan cara mengurangi timbangan. Sehingga uang yang diterima pemilik lahan tidak sesuai dengan perjanjian awal. Kedua, Pada praktik pembagian hasil di Desa Betung 1 Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir tidak memenuhi syarat 'Urf, termasuk 'Urf fasid karena Praktak tersebut bertentangan dengan syariat Islam, serta memenuhi rukun dan syarat ijarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Upah (Ijarah), Karet, 'Urf
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: SINDY FITRI YENSI 2030104229
Date Deposited: 30 Apr 2024 01:01
Last Modified: 30 Apr 2024 01:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36916

Actions (login required)

View Item View Item